Jenderal TNI Angkatan Laut Ini Dapat Bintang Kehormatan dari Perancis

VIVA Militer: Rektor Unhan RI Terima Bintang Kehormatan dari Perancis
Sumber :

VIVA – Salah satu tokoh militer Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut mendapatkan penghargaan yang sangat luar biasa dari Pemerintah Perancis. Dia adalah Rektor Universitas Pertahanan (Unhan) RI Laksamana Madya (Laksdya) TNI Amarulla Octavian.

Samson, Pemberontak OPM yang Serang Markas Koramil di Papua Tobat dan Serahkan Diri ke Prajurit TNI

Iya, Jenderal Bintang Tiga TNI Angkatan Laut itu  baru saja menerima penganugerahan Bintang Kehormatan de Commandeur dans L’Ordre National du Mérite dari pemerintah Perancis.

Dilansir VIVA Militer dari keterangan resminya, Jum'at, 14 Januari 2022, Upacara penganugerahan Bintang Kehormatan itu berlangsung di kediaman resmi Duta Besar Perancis Olivier Chambard pada hari Kamis, 13 Januari 2022 kemarin.

Uji Kesiapan Operasi, Prajurit Puspenerbal TNI AL Gelar Latihan Terbang Malam

Untuk diketahui, tradisi penganugerahan Bintang Kehormatan L’Ordre National du Mérite itu telah berlangsung selama lebih dari 58 tahun lalu, dimulai ketika Presiden Prancis Jenderal Charles de Gaulle pada tahun 1963 memberikan Bintang Kehormatan tersebut kepada para pahlawan Perang Dunia kedua. 

Selain para pahlawan perang, pemerintah Prancis juga menganugerahkan Bintang Kehormatan tersebut kepada para petinggi militer dan pejabat sipil yang dinilai memiliki jasa luar biasa kepada negara dan bangsa Prancis. 

Prabowo Subianto Minta Maaf Karena Nakal: Saya Minta Maaf ke Senior Karena Bikin Repot

Pada peringatan Hari Republik tanggal 14 Juli setiap tahunnya pemerintah Prancis selalu menganugerahkan Bintang Kehormatan L’Ordre National du Mérite kepada para penerima dari dalam negeri dan luar negeri. 

Prosedur pengusulan dan penilaian kelayakan dilakukan oleh Komite Légion d’Honneur diketuai Presiden Perancis hingga upacara penganugerahannya melalui serangkaian proses administrasi yang juga harus disetujui Parlemen Prancis.

Penganugerahan Bintang Kehormatan L’Ordre National du Mérite kepada Rektor Unhan RI Laksdya TNI Amarulla Octavian itu tidak saja dimaknai sebagai bentuk penghargaan perorangan tetapi juga bentuk penghargaan antar kedua bangsa. 

Hubungan internasional kedua negara telah berlangsung lebih dari 70 tahun dan diharapkan dapat lebih meningkat di tahun-tahun mendatang termasuk dalam bidang kerjasama pertahanan dan keamanan.

Acara pemberian Bintang Kehormatan itu dihadiri jajaran kedutaan Prancis, Atase Pertahanan Prancis Colonel Sven Meic beserta staf, para pejabat Kemhan RI dan Unhan RI serta beberapa sesepuh Ikatan Alumni Prancis-Indonesia, yakni Budi Susilo Soepandji dan Kadarsah Suryadi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya