Skandal Narkoba Polisi Memanas, Prajurit TNI Tersenggol

VIVA Militer: Kombes Riko
Sumber :

VIVA – Kasus anggota narkoba Kepolisian Republik Indonesia, ternyata berbuntut panjang dan kian memanas.

LIVE: Momen Bersejarah Raja Aibon Serahkan Tongkat Komandan Pasukan Tengkorak TNI ke Letkol Danu

Anggota Satuan Reserse Narkoba Polres Kota Besar Medan yang diseret ke meja hijau atas perkara pencurian uang tiba-tiba buka mulut soal kasus besar narkoba.

Jadi dalam persidangan di PN Medan, terdakwa ngoceh tentang suap bandar narkoba kepada petinggi Polrestabes Medan. Nilai suapnya juga dahsyat, Rp 300 juta untuk kasus tangkap bebas.

Terpopuler: Deretan Negara Bantu Israel, Pendeta Gilbert Dilarang ke Makassar hingga Iran Diserang

Tak main-main terdakwa menyebut suap itu diterima pucuk pimpinannya sendiri, yaitu Kapolrestabes Medan, Kombes Pol Riko Sunarko. Bukan cuma Riko, terdakwa menyebut uang suap sebanyak itu juga dibagi-bagi bersama Kasat Narkoba dan Kanit Narkoba.

Yang paling mengejutkan, prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) juga tersenggol dalam skandal suap bandar narkoba itu.

Basis OPM Paro Nduga Lumpuh Digempur TNI, 2 Anak Buah Egianus Kogoya Tertembak

Memang prajurit TNI tidak terkait dalam skandal yang dibongkar di persidangan. Tapi disebutkan di persidangan bahwa sisa uang suap sebesar Rp75 juta dipakai Kombes Pol Riko buat beli sepeda motor yang diberikan kepada prajurit TNI sebagai hadiah atas jasanya mengungkap penyelundupan ganja.

Berdasarkan catatan VIVA Militer, memang pada 20 Mei 2021, Kambes Pol Riko memberikan hadiah kepada prajurit TNI bernama Serda Eliyaser Sitorus.

Saat itu Eliyaser dikasih hadiah karena berhasil menggagalkan penyelundupan 148 kilogram ganja di wilayah Pecut Sei Tuan. Motor yang dikasih Kombes Pol Riko cuma merek Honda Revo.

Dan pemberian sepeda motor itu diberikan langsung oleh Kombes Pol Riko di hadapan atasan Serda Eliyaser, yaitu Komandan Komando Distrik Militer (Kodim) 0201 BS, Kolonel Inf Agus Setiandar.

Jadi memang Serda Eliyaser yang bertugas sebagai Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 13/Percut Sei Tuan itu tidak tahu menahu soal asal uang yang dipakai Kombes Pol Riko untuk beli Honda Revo.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya