Siaga Perang, Moncong Peluncur Roket Rusia Mengarah ke Ukraina

VIVA Militer: Sistem Peluncur Multi Roket (MLRS) BM-21 Grad militer Rusia
Sumber :
  • Youtube

VIVA – Ribuan prajurit Angkatan Bersenjata Rusia (VSRF) bergerak masif memasuki Belarus. Tak hanya personel, militer Rusia juga mengerahkan sejumlah alat utama sistem persenjataan (alutsista), mulai dari tank, kendaraan lapis baja, hingga sistem peluncur roket dan rudal, Senin 17 Januari 2022.

Rusia Telah Menangkap Pemodal Teroris Serangan Moskow, Ternyata Dikirim Melalui Ukraina

Sejumlah video merekam pergerakan masif alutsista militer Rusia, yang dibawa dengan menggunakan kereta. Lewat pantauan VIVA Militer dari akun Twitter bernama @Archer8Able, terlilhat sejumlah senjata berat militer Rusia melewati kota Kargat, Novosibirsk.

Dalam video berdurasi 13 detik itu, tampak Sistem Peluncur Multi Roket (MLRS) BM-27 Uragan dan kendaraan pengangkut senjata 9T452.

Meski Negaranya Tengah Dilanda Aksi Terorisme, Rusia Tetap Kirim 29 Ton Bantuan ke Gaza

"Sejumlah elemen BM-27 Uragan MLRS (peluncur 9P140 & kendaraan pengangkut-pemuat 9T452) dan truk bergerak ke barat melalui kota Kargar di Oblast Novosibirsk. Video itu muncul pada 17 Januari," tulis akun tersebut.

Sementara itu, di hari yang sama militer Rusia juga mengerahkan sejumlah tank menuju Belarus. Pergerakan ini juga diketahui lewat unggahan video berdurasi 15 detik di akun Twitter bernama @GirkinGirkin.

Marah Anggotanya Disiksa, ISIS Rilis Video Ancam Bunuh Presiden Putin: Berhenti Siksa Anggota Kami!

VIVA Militer: Konvoi kendaraan perang militer Rusia

Photo :
  • Financial Times

Meski tak diketahui di wilayah mana kereta yang mengangkut tank tersebut, namun diketahui bahwa itu adalah kendaraan lapis baja milik militer Rusia. Tampak dalam video adalah tank amfibi BMD-4M, BMD-2, kendaraan pengangkut personel BTR-D dan BTR-MDM.

Pergerakan pasukan dan alutsista militer Rusia membuktikan bahwa Negeri Beruang Merah sudah sangat siap untuk menghadapi skenario terburuk. Bukan tak mungkin Perang Rusia-Ukraina bakal meletus dalam waktu dekat.

Namun demikian, sejumlah media Rusia dan Belarus menyebut bahwa pergerakan masif pasukan dan alutsista merupakan persiapan latihan militer gabungan antar kedua negara. 

Latihan yang rencananya akan digelar pada Februari 2022 mendatang, disebut adalah jawaban atas penumpukan pasukan gabungan sejumlah negara anggota Pakta Pertahanan Atlantik Utara (NATO) di perbatasan Belarus.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya