Kapal Perang TNI AL Selamatkan Nyawa Nelayan Hanyut di Perairan Natuna

VIVA Militer: Personel KRI Kapitan Pattimura-371 selamatkan nelayan di Natuna
Sumber :
  • Dispenal

VIVA – Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Kapitan Pattimura-371 yang tengah melakukan patroli rutin di perairan Tenggara Pulau Bunguran, Natuna pada hari Rabu, 19 Januari kemarin telah mendeteksi sebuah perahu yang terombang-ambing di laut lepas.

TNI Pemersatu Anak Bangsa Demi Kemajuan Indonesia

Komandan KRI Kapitan Pattimura-371, Letkol Laut (P) Valentino Pasalbessy mengatakan, setelah pihaknya memastikan perahu kecil tersebut, ternyata benar saja terdapat seorang nelayan yang belakangan diketahui bernama Herman Sugiarto meminta pertolongan dari atas perahu kecilnya yang keadaan mesin rusak dan mati.

Menurut Komandan KRI Kapitan Pattimura, Herman Sugiarto bersama perahunya sempat hanyut terbawa gelombang akibat cuaca buruk. Prajurit TNI Angkatan Laut dari kapal perang KRI Kapitan Pattimura-371 pun segera melaksanakan tindakan penyelamatan.

Danlantamal III Lantik Kolonel Widyo Jadi Komandan Lanal Palembang

"Kondisi cuaca yang cukup buruk saat di lokasi, dimana arah angin dari utara dengan kecepatan kurang lebih 20 s.d 30 knot dan tinggi gelombang sekitar 1,8 sampai dengan 2,5 meter, menyebabkan proses penyelamatan cukup sulit dilakukan. Setelah proses evakuasi berhasil dilakukan, selanjutnya dilaksanakan pengecekan kondisi kesehatan nelayan tersebut dan menarik perahu  menuju dermaga terdekat," kata Komandan KRI Kapitan Pattimura-371, Letkol Laut (P) Valentino Pasalbessy melalui keterangan yang diterima VIVA Militer, Kamis, 20 Januari 2022.

Dalam kesempatan terpisah, Panglima Komando Armada I Laksda TNI Arsyad Abdullah memberikan apresiasi atas inisiatif Prajurit KRI Kapitan Pattimura-371 yang tanggap dan sigap dalam memberikan pertolongan. "Apa yang telah ditunjukan oleh Prajurit TNI AL tersebut adalah implementasi dari delapan wajib TNI yaitu menjadi contoh dan mempelopori usaha-usaha untuk mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya," kata Pangkoarmada I Laksda TNI Arsyad Abdullah.

Ternyata Gelar Kehormatan Istri Jenderal Dudung sama dengan Megawati

Hal itu, lanjut Pangkoarmada, juga selaras dengan instruksi Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono agar keberadaan prajurit TNI Angkatan Laut dimanapun dapat memberikan dampak yang positif bagi masyarakat sekelilingnya.

Untuk diketahui, KRI Kapitan Pattimura-371 merupakan kapal jenis Korvet kelas Parchim dari Satuan Kapal Eskorta Koarmada I yang berpangkalan di Jakarta. Kehadiran KRI tersebut dalam rangka Operasi pengamanan perbatasan di Laut Natuna Utara, dibawah kendali Gugus Tempur Laut Koarmada I.

Ilustrasi TNI

Roadmap Repatriasi Hak Militer Sumber Daya Pertahanan Negara

Roadmap repatriasi hak militer Sumber daya pertahanan negara.

img_title
VIVA.co.id
16 Februari 2024