Aksi Luar Biasa Marinir TNI Masuk ke Pedalaman Papua di Muka Australia

VIVA Militer: Pasukan Korps Marinir menembus pedalaman Papua.
Sumber :

VIVA – Pasukan tempur Korps Marini Angkatan Laut militer Tentara Nasional Indonesia (TNI) baru saja menuntaskan sebuah ekspedisi yang luar biasa.

Seminggu Dilantik,Kolonel Marinir Rana Tancap Gas Gelar Entry Briefing Prajurit Petarung Balasanggha

Pasukan baret ungu yang tergabung dalam Satuan Tugas Muara dan Perairan Korps Marinir telah melakukan perjalanan penuh bahaya ke pedalaman Papua.

Berdasarkan siaran resmi Pasmar 1 dilansir VIVA Militer, Jumat 21 Januari 2022, pasukan Marinir yang dipimpin Letnan Kolonel Mar Tri Yudha Ismanto menempuh perjalanan 180 kilometer melalui aliran Sungai Pomats.

Menegangkan! Tentara Korea Selatan Gelar Latihan Senjata Besar di Dekat Perbatasan Korut

Luar biasanya perjalanan itu dilakukan demi berpatroli dan juga membantu masyarakat yang hidup jauh di pedalaman belantara Papua di Distrik Agats, Kabupaten Asmat.

Apa yang dilakukan prajurit TNI Korps Marinir ini bukan sebuah perjalanan yang mudah. Banyak halang rintang yang menghadang. Apalagi jalur yang mereka lalui masuk dalam wilayah rawan kelompok separatis bersenjata OPM Papua.

3 Jenderal Hantu Laut Pamit Tinggalkan Marinir, Salah Satunya Intelijen Kakap TNI

VIVA Militer: Pasukan Korps Marinir menembus pedalaman Papua.

Photo :

Namun, dengan semangat berkobar didorong niat luhur membantu masyarakat, akhirnya pasukan Marinir mampu membelah hutan, menembus sarang OPM hingga tiba di pedalaman Papua.

Dalam perjalanan itu, pasukan Marinir menemui masyarakat yang hidup di sepanjang bantaran sungai. Setiap masyarakat yang dijumpai, diberikan berbagai bantuan.

Mulai dari kebutuhan pangan, pakaian, buku pelajaran hingga pengobatan.

Ada beberapa kampung yang disinggahi, seperti Kampung Bu, Kampung Agani, Kampung Ma, Kampung Er, Kampung Sa dan Kampung Mumugu.Pasukan Marinir juga bersilaturahmi dengan kepala suku di sana.

Perlu diketahui pedalaman yang didatangi Marinir sangat jarang tersentuh orang luar Asmat. Sebab lokasinya sangat jauh. Malahan secara geografis wilayah pedalaman itu berada tepat di muka Benua Australia.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya