Jenderal Kopassus Penjaga Nyawa Jokowi Resmi Jadi Pangkostrad

VIVA Militer: Mayjen TNI Maruli Simanjuntak
Sumber :
  • Penerangan Komando Daerah Militer IX/Udayana (Pendam XI/Udayana)

VIVA – Teka-teki siapa sosok Panglima Komando Cadangan Strategis TNI Angkatan Darat (Pangkostrad) ke-43, akhirnya terjawab. Ya, sosok itu adalah Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Maruli Simanjuntak.

Melesat Naik Pangkat Jenderal Bintang Dua TNI, Mayjen Bangun Nawoko Kini Jabat Pangdivif 3 Kostrad

Penunjukan jenderal bintang dua yang saat ini menduduki posisi sebagai Panglima Komando Daerah Militer IX/Udayana, terdapat dalam Surat Keputusan Jabatan 328 Perwira Tinggi (Pati) TNI nomor 66/I/2022 tanggal 21 Januari 2022 tentang pemberhentian dari dan pengangkatan jabatan dalam lingkungan TNI.

Dalam Surat Keputusan Panglima TNI tersebut tercantum nama Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, yang akan mendapat tugas baru sebagai Pangkostrad.

Aksi Jenderal TNI Maruli dan Pasukan Tengkorak Kostrad 88 Hari Ubah 24 Rumah Berhantu Jadi Indah

Jebolan Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (AKABRI) 1992 merupakan salah satu putra terbaik yang dibesarkan dalam satuan elite Komando Pasukan Khusus (Kopassus).

Sepanjang 30 tahun kiprahnya bersama TNI Angkatan Darat, karier menantu Jenderal TNI (HOR) (Purn.) Luhut Binsar Panjaitan ini cukup mengkilap.

Meriahkan Lebaran, KSAD Jenderal Maruli Hadiri Open House di Rumah Dinas Pangkostrad

Salah satu posisi vital yang pernah diduduki Maruli adalah Komandan Pasukan Pengamanan Presiden, periode 2018 hingga 2020.

Sebelumnya, Maruli lebih banyak menghabiskan kariernya di Kopassus. Sejumlah tugas pernah diembannya, mulai dari Komandan Batalyon (Danyon) 21 Grup 2/Sandi Yudha, hingga Asisten Operasi Komandan Jenderal Komando Pasukan Khusus (Asops Danjen Kopassus). 

Dengan posisi barunya ini, Maruli akan mendapatkan promosi pangkat satu tingkat lebih tinggi, dari bintang dua atau Mayor Jenderal TNI, menjadi bintang tiga atau Letnan Jenderal TNI.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya