Karier 3 Mayjen Pasukan Rahasia TNI Penjaga Nyawa Presiden Melesat

VIVA Militer: Pasukan Pengamanan Presiden.
Sumber :

VIVA – Di awal tahun 2022 ini, terjadi perombakan posisi jabatan di tubuh militer Tentara Nasional Indonesia. Tak tanggung-tanggung, dalam surat keputusan yang ditandatangani Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa, ada 328 perwira tinggi yang dirotasi.

3 Jenderal Hantu Laut Pamit Tinggalkan Marinir, Salah Satunya Intelijen Kakap TNI

Yang menarik perhatian VIVA Militer, dari 328 pati itu, ternyata ada tiga Mayor Jenderal TNI mantan Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) era Presiden Joko Widodo yang serentak naik jabatan dan melesat jadi jenderal bintang tiga alias Letnan Jenderal TNI.

Siapa saja mereka?

Tinggalkan Kostrad, Brigjen Spesialis Operasi TNI Ditarik Jadi Waasop Jenderal Maruli

VIVA Militer: Letnan Jenderal TNI Suhartono

Photo :

Yang pertama tentu saja Mayor Jenderal TNI (Mar) Suhartono. Komandan Korps Marinir ke-23 itu dipercaya untuk memegang jabatan sebagai Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Kodiklatal) menggantikan Laksamana Madya TNI Nurhidayat.

Menguak Rahasia di Balik Kehebatan Kopassus yang Disegani di Dunia

Dengan jabatan ini jebolan Akademi Angkatan Laut (AAL) 1988 akan naik pangkat jadi Letjen TNI Mar. Letjen TNI Suhartono merupakan jenderal TNI ketiga yang dipercaya menjadi penjaga nyawa Presiden dan Wakil Presiden di zaman pemerintahan Joko Widodo.

Beliau merupakan Komandan Paspampres ke-23, ketika itu Letjen TNI Suhartono menggantikan Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono.

VIVA Militer: Letnan Jenderal TNI MS

Photo :

Selanjutnya adalah Komandan Paspampres ke-24, yakni Mayjen TNI Maruli Simanjuntak. Alumni Akademi Militer (Akmil) 1992 ini telah diputuskan untuk memegang tongkat komando Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad).

Letjen TNI Maruli yang sebelumnya menjabat sebagai Panglima Komando Daerah Militer (Kodam) IX/Udayana mengisi kursi Pangkostrad menggantikan Jenderal TNI Dudung Abdurahman yang telah naik jadi Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD).

Dan yang terakhir adalah Komandan Paspampres ke-24, Mayor Jenderal TNI Agus Subiyanto. Pemegang tongkat komando Operasi Tinombala 2017-2018 itu baru saja ditunjuk menggantikan Letjen TNI Agus Bakti Fadjari untuk mendampingi Jenderal TNI Dudung, sebagai Wakil KSAD.

VIVA Militer: Letnan Jenderal TNI AS

Photo :

Sebelumnya Letjen TNI Agus menjabat sebagai Panglima Kodam III Siliwangi menggantikan Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto.

Ketiga jenderal ini bukan orang sembarangan lho, mereka ini semua terlahir dan besar dari satuan-satun pasukan khusus yang sangat rahasia di tubuh TNI.

Letjen TNI Suhartono misalnya, beliau merupakan prajurit TNI dari Detasemen Jalamangkara (Denjaka) Malahan pernah menjabat Komandan Denjaka periode 2005 sampai 2008.

Begitu juga dengan Letjen TNI Maruli Simanjuntak dan Letjen TNI Agus, keduanya merupakan prajurit TNI berdarah baret merah alias Komando Pasukan Khusus (Kopassus). Letjen TNI Maruli pernah menjabat Asisten Operasi Danjen Kopassus dn Letjen TNI Agus pernah dipercaya menjadi Kepala Penerangan Kopassus.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya