Brigjen TNI Widi, Mantan Ajudan Jokowi yang Jadi Danjen Kopassus

VIVA Militer: Danjen Kopassus Brigjen TNI Widi Prasetijono
Sumber :
  • Pendam IV/Diponegoro

VIVA – Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa belum lama ini telah mengeluarkan Surat Keputusan Nomor 66/I/2022 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia.

19 Pati TNI Naik Pangkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

Tidak tanggung-tanggung, sebanyak 328 Pati TNI dari tiga matra mengalami mutasi dan rotasi jabatan untuk memenuhi kebutuhan organisasi.

Salah satu Pati TNI yang dirotasi adalah Komandan Jenderal (Danjen) Komando Pasukan Khusus (Kopassus) Mayjen TNI Teguh Muji Angkasa.

Operasi Perdamaian Dunia, Mabes TNI Akan Kirim 1.025 Prajurit Pilihan ke Kongo

Iya, pria yang belum genap 60 hari menjabat sebagai Danjen Kopassus itu harus menjalankan tugas barunya untuk menempati jabatan barunya sebagai Panglima Komando Daerah Militer (Pangdam) XVII/Cenderawasih menggantikan Mayjen TNI Ignatius Yogo Triyono yang naik bintang tiga dan ditunjuk menempati jabatan barunya sebagai Dankodiklatad.

Sementara, posisi Danjen Kopassus kini tempati oleh Brigjen TNI Widi Prasetijono yang sebelumnya menjabat sebagai Kepala Staf Komando Daerah Militer (Kasdam) IV/Diponegoro. Dengan demikian, Brigjen TNI Widi Prasetijono sebentar lagi akan naik pangkat menjadi Mayor Jenderal (Mayjen) TNI.

Wakasal Laksdya TNI Erwin Hadiri Upacara Peringatan HUT Ke-78 TNI AU

Sosok Brigjen TNI Widi Prasetijono

Brigjen TNI Widi Prasetijono yang saat ini dipercaya oleh Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa sebagai Danjen Kopassus bukanlah Pati TNI yang asing dikalangan Korps Baret Merah (Kopassus).

Dia adalah lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 1993 dan cukup dikenal di kalangan pasukan elit TNI Angkatan Darat.

Dari sejumlah data yang dihimpun VIVA Militer, Senin, 24 Januari 2022, Brigjen TNI Widi memiliki sejumlah pengalaman dalam memimpin pasukan Korps Baret Merah, diantaranya dia pernah menjabat sebagai Danton Group 2 Kopassus pada tahun 1995. Dia juga pernah menjabat Kasilog Group 1 Kopassus pada tahun 2003.

Selain itu, dia juga tercatat pernah memimpin batalyon tempur TNI Angkatan Darat, yaitu Batalyon Infanteri (Yonif) 400/Raider atau yang dikenal dengan sebutan Batalyon Banteng Raider yang bermarkas di Semarang, Jawa Tengah pada tahun 2009-2010.

Karena sukses memimpin pasukan dalam operasi, Widi Prasetijono kemudian dipercaya untuk menjabat sebagai Dandim 0735/Surakarta pada tahun 2011-2012.

Karir militer Widi tidak hanya selesai sampai di situ saja. Pada tahun 2014, Widi Prasetijono mendapatkan tugas kehormatan untuk mendampingi Presiden RI Joko Widodo sebagai Ajudan Presiden. Kedekatan Widi dengan Presiden RI Jokowi itu sudah terjalin ketika Jokowi menjabat sebagai Walikota Solo dan Widi menjabat sebagai Dandim Surakarta.

Kurang lebih dua tahun menjabat sebagai Ajudan Presiden Jokowi, Widi kemudian dipromosikan untuk menempati posisi barunya sebagai Danrindam III/Siliwangi.

Setelah itu, karir militer Widi pun terus melesat, pada tahun 2017 dia kembali ke Surakarta, Solo untuk menjabat Danrem 074/Warastratama. Kemudian, pada tahun 2018, Widi kembali mendapat promosi sebagai Danrem 091/ASN. Terakhir, pada tahun 2020-2022, Brigjen TNI Widi Prasetijono diamanahkan untuk menjabat sebagai Kasdam IV/Diponegoro.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya