Hebat, Letjen TNI Maruli Pecahkan Sejarah 34 Tahun Panglima Kostrad

VIVA Militer: Letnan Jenderal TNI MS
Sumber :

VIVA – Akhirnya panglima militer Tentara Nasional Indonesia, Jenderal TNI Andika Perkasa menandatanganis surat keputusan untuk menentukan perwira tinggi yang mengisi kursi jabatan Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad).

Merinding, Isi Pesan Terakhir Raja Aibon ke Pasukan Tengkorak Sebelum Tinggalkan Kostrad TNI

Dalam SK dengan nomor 66/I/2022 tertanggal 21 Januari 2022 perihal pemberhentian dari dan pengangkatan dalam jabatan lingkungan TNI, Panglima telah memutuskan bahwa Mayor Jenderal TNI Maruli Simanjutak diangkat menjadi Panglima Kostrad TNI ke-43 menggantikan Jenderal TNI Dudung Abdurachman.

Letnan Jenderal TNI Maruli sebelumnya menjabat Panglima Komando Daerah Militer (Kodam)IX/Udayana. Beliau sudah setahun lebih memegang tongkat komando Pangdam Udayana sejak 18 November 2020 menggantikan Mayjen TNI Kurnia Dewantara.

Mayjen TNI Anton Resmi Jabat Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad Gantikan Mayjen Haryanto

Sebelumnya calon Panglima Kostrad sempat menjadi pembahasan hangat sebab, sudah cukup lama jabatan tersebut kosong setelah Jenderal TNI Dudung dipercaya menggantikan Jenderal TNI Andika sebagai Kepala Staf TNI Angkatan Darat (KSAD).

VIVA Militer: Letnan Jenderal TNI MS

Photo :
Kembali Setelah 10 Tahun Tinggalkan Kostrad, Mas Bangun Melesat Naik Pangkat Jadi Mayjen TNI

Ada hal penting yang masuk dalam catatan VIVA Militer, tak disangka-sangka seiring dengan jabatan baru ini ternyata Letjen TNI Maruli Simanjuntak baru saja memecah sejarah yang sudah lama tak terpecahkan di tubuh Kostrad.

Jadi, sudah 34 tahun tidak ada seorangpun Panglima Kodam IX/Udayana, Bali yang naik jabatan langsung sebagai Panglima Kostrad. Terakhir kali terjadi di era Panglima TNI, Jenderal TNI L.B. Moerdani.

Ketika itu pada 21 Agustus 1987, Panglima TNI menunjuk Pangdam Udayana, Mayor Jenderal TNI Adolf Sahala Rajagukguk untuk menjadi Panglima Kostrad ke-15 menggantikan Mayjen TNI Soeripto.

Sejak Mayjen TNI Adolf Sahala melepas jabatan Pangkostrad pada 28 Maret 1988 kepada Panglima Kodam Jaya, Mayjen TNI Soegito, tak ada seorangpun Pangdam Udayana yang menduduki kursi jabatan panglima baret hijau.

VIVA Militer: Letnan Jenderal TNI MS

Photo :

Jabatan Panglima Kostrad bergantian dipegang jenderal dari kodam selain Kodam Udayana. Lalu dari Komandan Jenderal Kopassus, Panglima Divisi Kostrad dan juga Komandan Kodiklatad.

Jika dilihat dari rekam jejaknya, Letjen TNI Maruli sangat mumpuni menjabat Panglima Kostrad. Walaupun kariernya banyak dihabiskan di Komando Pasukan Khusus (Kopassus), tapi Letjen TNI Maruli pernah menjabat Komandan Detasemen Tempur Cakra.

Saat menjabat Pangdam IX/Udayana, Letjen TNI Maruli juga memimpin dengan sangat baik. Bahkan, dia menjadi satu-satunya jenderal TNI yang peduli kesulitan hidup masyarakat dengan program air bersih pompa hidram di berbagai wilayah di bawah teritorialnya.

Selamat Letjen TNI Maruli Simanjuntak, semoga kejayaan selalu mendampingi dalam menjalani tugas di Markas Kostrad.

Baca: Karier 3 Mayjen Pasukan Rahasia TNI Penjaga Nyawa Presiden Melesat

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya