Komandan Pasukan Badak Putih TNI AD Tempati Jabatan Baru di Seskoad

VIVA Militer: Danrem 061/Surya Kencana Brigjen TNI Achmad Fauzi
Sumber :
  • Penrem 061/Suryakencana

VIVA – Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa telah melakukan rotasi besar-besaran di internal organisasi Tentara Nasional Indonesia (TNI). Tidak tanggung-tangung, sebanyak 328 Perwira Tinggi (Pati) TNI mengalami perpindahan posisi atau jabatan. Hal itu dilakukan guna memenuhi kebutuhan organisasi di lingkungan TNI yang semakin dinamis.

Satgas Pamtas RI-RDTL Naga Karimata TNI AD Serahkan 7 Pucuk Senjata Api ke Brigjen TNI Joao Xavier

Pada hari Jum'at, 21 Januari 2022 lalu, Panglima TNI Jenderal TNI Andika Perkasa telah menerbitkan Surat Keputusan Nomor 66/I/2022 tentang Pemberhentian Dari dan Pengangkatan Dalam Jabatan di Lingkungan Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Dilansir VIVA Militer dari Surat Keputusan Panglima TNI tersebut, Senin, 24 Januari 2022, dari 328 Pati TNI yang dimutasi oleh Panglima TNI, salah satunya adalah Komandan Korem (Danrem) 061/Surya Kencana Brigjen TNI Achmad Fauzi.

Aksi Jenderal TNI Maruli dan Pasukan Tengkorak Kostrad 88 Hari Ubah 24 Rumah Berhantu Jadi Indah

Iya, Jenderal Bintang Satu TNI Angkatan Darat yang dikenal sebagai Komandan Pasukan Badak Putih yang bermarkas di Jalan Surya Kencana, Kota Bogor itu mendapatkan promosi untuk menempati jabatan barunya sebagai Direktur Pengkajian dan Pengembangan (Dirjianbang) Sekolah Staf dan Komando Angkatan Darat (Seskoad).

Sementara, posisi Danrem 061/Surya Kencana akan diisi oleh mantan Ajudan Presiden RI Joko Widodo pada tahun 2019-2021, yang kini menjabat sebagai Danrem 074/Warastratama, Surakarta yaitu, Kolonel Inf Rudi Salahudin.

Untuk diketahui, Korem 061/Surya Kencana adalah satuan teritorial yang sangat strategis. Selain memiliki wilayah binaan yang tergolong luas, yaitu Cianjur, Sukabumi, dan Bogor, Korem 061/Surya Kencana adalah satuan yang bertanggung jawab untuk mengamankan wilayah Istana Bogor yang saat ini juga digunakan sebagai Rumah Dinas Presiden RI Joko Widodo. Sehingga tidak jarang Danrem 061/Surya Kencana harus mengamankan setiap agenda kenegaraan yang dilakukan di Istana Negara Bogor, termasuk ketika Presiden RI Joko Widodo menerima kunjungan kenegaraan dari pemimpinan negara-negara sahabat.

VIVA Militer: Danrem Surya Kencana mendampingi Habib Muhammad Luthfi bin Yahya

Photo :
  • Penrem 061/Suryakencana

Rekam Jejak Brigjen TNI Achmad Fauzi di Surya Kencana

Brigjen TNI Achmad Fauzi adalah salah satu Pati TNI Angkatan Darat yang dikenal memiliki prestasi di wilayah binaannya. Jenderal Bintang Satu TNI Angkatan Darat yang dibesarkan oleh Korps Baret Merah atau Kopassus itu dipercaya menjadi Komandan Pasukan Badak Putih kurang lebih selama 14 bulan.

Dengan membawahi lima Kodim dan satu Bataliyon tempur TNI Angkatan Darat, yaitu Yonif 315/Garuda dia tercatat cukup berhasil dalam menciptakan kondusifitas di wilayah Bogor, Sukabumi, dan Cianjur.

Pria lulusan Akademi Militer (Akmil) tahun 1995 itu juga dikenal sebagai salah satu Jenderal Bintang Satu TNI Angkatan Darat yang dekat dengan anak buah dan selalu aktif dalam lingkungan masyarakat.

Selama menjabat sebagai Komandan Korem 061/SK Brigjen TNI Achmad Fauzi berhasil membuktikan bahwa TNI sangat dekat dengan para pejabat unsur Forkopimda, para ulama, para santri, serta tokoh agama dari berbagai lintas agama lainnya. Bahkan, selama satu tahun lebih dirinya menjabat sebagai Danrem 061/Surya Kencana, dia mempelopori seluruh jajarannya untuk memberikan bantuan dan santunan untuk yatim piatu, kaum dhuafa, anak-anak disabilitas, dan anak-anak penderita HIV AIDS di wilayah binaannya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya