Menegangkan, Kapal Perang TNI Tembak Jatuh Pesawat Musuh

VIVA Militer: Kapal perang TNI AL, KRI Hasan Basri (382) menembakkan meriam
Sumber :
  • Pusat Penerangan Tentara Nasional Indonesia (Puspen TNI)

VIVA – Kapal perang TNI Angkatan Laut, KRI Hasan Basri (382), berhasil menghancurkan pesawat dan serangan udara musuh di perairan Laut Jawa, Sabtu 22 Januari 2022, dalam Operasi Siaga Samodra-22.

Mengenal 2 Sosok Jenderal TNI Bintang 4 yang Masih Aktif Betugas

Kapal perang berjenis korvet menjadi sasaran ancaman bahaya serangan udara, saat menjalankan misi Operasi Samodra-22. Namun demikian, kesiagaan tinggi yang dimiliki oleh para prajurit TNI Angkatan Laut dari KRI Hasan Basri (382), berhasil menggagalkan serangan tersebut.

Dipimpin langsung oleh Komandan KRI Hasan Basri (382), Letkol Laut (P) Agung Maulana, kapal perang TNI Angkatan Laut itu berhasil menghancurkan pesawat musuh dan sasaran udara yang datang, dengan menggunakan tiga meriam (57 mm, 30 mm dan 20 mm).

18 Jenderal Bintang 2 Dimutasi Panglima TNI di Akhir Maret 2024

Tak hanya itu, sejumlah prajurit TNI Angkatan Laut yang tergabung dalam dia tim Visit Board Search and Seizure (VBSS), juga unjuk kemampuan menjatuhkan musuh dengan menggunakan senapan laras panjang dan pistol.

Aksi menegangkan yang dilakukan oleh seluruh unsur KRI Hasan Basri (382) dari Satuan Kapal Eskorta Komando Armada II (Koarmada II) TNI Angkatan Laut, merupakan bagian dari skenario Operasi Siaga Samodra-22. 

Mengenal Sosok Jenderal Bintang 5 yang Hanya Ada 3 di Indonesia

VIVA Militer: Prajurit TNI AL di KRI Hasan Basri (382) menembak pesawat musuh

Photo :
  • Pusat Penerangan Tentara Nasional Indonesia (Puspen TNI)

Dilansir VIVA Militer dari akun Instagram resmi Pusat Penerangan Tentara Nasional Indonesia (Puspen TNI), latihan penembakan meriam ini digelar di tengah patroli laut, di bawah kendali Gugus Tempur Laut Koarmada II.

Letkol Laut (P) Agung Maulana menegaskan, latihan penembakan meriam digelar untuk meningkatkan dan menjaga profesionalitas para prajurit. Selain itu, latihan ini juga bertujuan untuk mengecek kesiapan seluruh senjata yang dimiliki KRI Hasan Basri (382), dalam menghadapi ancaman bahaya seragan udara.

Kemudian, Komandan KRI Hasan Basri (382) juga menjelaskan bahwa latihan ini juga dilaksanakan atas perintah Panglima Komando Armada II (Pangkoarmada II), Laksamana Muda (Laksda) Iwan Isnurwanto, sesuai dengan program prioritas Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal), Laksamana TNI Yudo Margono.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya