Jaga Papua dari Teror KKB, Pasukan Langit TNI Terobos Kampung Mamba

VIVA Militer: Anggota Yonif Para Raider 328/Kostrad
Sumber :
  • yoniflinud328.files.wordpress.com

VIVA – Demi menjaga warga Papua dari aksi teror yang kerap dilakukan oleh Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Organisasi Papua Merdeka (OPM), sejumlah prajurit TNI Angkatan Darat berangkat menuju kampung yang terisolir di Distrik Sugapa, Papua, Minggu 23 Januari 2022.

Meriahkan Lebaran, KSAD Jenderal Maruli Hadiri Open House di Rumah Dinas Pangkostrad

Adalah anggota Satuan Tugas Komando Distrik Militer Batalyon Infanteri Para Raider 328/Dirgahayu (Satgas Kodim Yonif PR 328/Kostrad), yang bergerak menuju Kampung Mamba, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua.

Dalam laporan yang diterima VIVA Militer dari laman resmi Komando Cadangan Strategis TNI Angkatan Darat (Kostrad), Kampung Mamba terletak diantara pegunungan dan lembah. Untuk menuju wilayah ini, para anggota satgas hanya bisa menggunakan jalur udara dari Timika maupun Nabire.

Mengenal 2 Sosok Pangdam Baru TNI Pasca Mutasi Akhir Maret

Bersenjata lengkap, sejumlah prajurit Yonif Para Raider 328/Kostrad berhasil menembus kampung yang berada di dataran tinggi Bumi Cenderawasih.

Keberangkatan para prajurit pasukan elite berkualifikasi Para Raider TNI ini tak lain adalah untuk bersilaturahmi dengan warga Kampung Mamba. Kedatangan pasukan Yonif Para Raider 328/Kostrad bukan tanpa risiko. Sebab Distrik Sugapa merupakan salah satu zona rawan KKB OPM.

Mutasi Besar Terjadi, Panglima Geser Brigjen TNI Arnold Aristoteles dari Kostrad ke Lembah Tidar

VIVA Militer: Satgas Kodim Yonif Para Raider 328/Kostrad di Kampung Mamba

Photo :
  • Instagram/@penkostrad

Meski demikian, para anggota satgas tetap melakukan aktivitas dengan penuh dedikasi. Memiliki tugas pokok menjaga Papua dari ancaman gerakan separatis, para anggota Satgas Yonif Para Raider 328/Kostrad berkomunikasi langsung dengan warga Kampung Mamba.

Para anggota Satgas Yonif Para Raider 328/Kostrad bisa mendengar langsung keluhan warga tentang situasi, kondisi dan kesulitan yang dihadapi.

"Dengan melaksanakan komunikasi dua arah tatap muka secara langsung dengan masyarakat, harapannya kita dapat mendengar dan mengetahui bagaimana kondisi yang dialami," ujar Komandan Satgas (Dansatgas) Kodim Yonif Para Raider 328/Kostrad, Letkol Inf Vicky Heru Harsanto. 

"Sehingga, kami bisa memberikan bantuan sesuai kebutuhan yang diperlukan oleh masyarakat," katanya.

Kedatangan anggota Satgas Kodim Yonif Para Raider 328/Kostrad mendapat sambutan baik dari warga Papua. Philipus Sani, pendeta Gereja Kampung Mamba, mengucapkan rasa terima kasihnya atas bantuan yang diberikan anggota satgas untuk warga di kampungnya.

"Terima kasih atas kunjungan dan bantuan yang diberikan TNI-Polri kepada kami. Semoga Tuhan memberkati," ucap Philipus.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya