Jamin Kedaulatan NKRI, TNI AL Luncurkan Peta Navigasi Elektronik Baru

VIVA Militer: Danpushidrosal luncurkan Peta Navigasi Elektronik (ENC) Band-1
VIVA Militer: Danpushidrosal luncurkan Peta Navigasi Elektronik (ENC) Band-1
Sumber :
  • Pen. Pushidrosal TNI AL

VIVA – Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut dari jajaran Pusat Hidro-Oseanografi Angkatan Laut (Pushidrosal) akhirnya merampungkan penelitian panjangnya tentang pemetaan wilayah kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Dengan demikian, pembuatan Peta Navigasi Elektornik atau Electronic Navigation Chart (ENC) kategori Band-1 Overview yang meliputi seluruh perairan NKRI dapat didistribusikan ke seluruh dunia.

Komandan Pushidrosal Laksdya TNI Agung Prasetiawan bersama Wadanpushidrosal Laksamana Muda TNI Budi Purwanto pada hari Senin, 24 Januari 2022 kemarin secara resmi meluncurkan Peta Navigasi Elektronik atau ENC Band-1 yang terdiri dari 15 sel ENC.

Danpushidrosal mengatakan, dengan selesainya pembuatan ENC Band-1 itu berarti saat ini seluruh perairan Indonesia telah terliput oleh ENC Pushidrosal.

"Peluncuran peta navigasi elektronik atau ENC ini menunjukan kedaulatan pemetaan laut di wilayah kita sendiri serta mendukung visi pemerintah dalam rangka mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia," kata Danpushidrosal Laksdya TNI Agung Prasetiawan melalui keterangan resminya kepada VIVA Militer, Selasa, 25 Januari 2022.

Danpushidrosal mengharapkan, setelah diluncurkannya ENC Band-1 ini, selain dapat digunakan untuk keselamatan navigasi dan pelayaran bagi kapal-kapal yang akan melintas di perairan Indonesia, peta ini juga dapat digunakan untuk berbagai kepentingan seperti perencanaan pembangunan kelautan di Indonesia.

"Penyediaan ENC merupakan tugas Pushidrosal tidak hanya mendukung visi pemerintah, mewujudkan Indonesia sebagai poros maritim dunia namun juga salah satu bentuk peran dalam mendukung program PBB yang terkait dengan Sustainable Development Goals dan Ocean Decade 2030 di wilayah perairan Indonesia," ujarnya.

Untuk diketahui, pembuatan peta navigasi elektornik atau ENC Band-1 itu dilaksanakan selama 15 Bulan oleh Dinas Pemetaan Pushidrosal dan telah dinyatakan selesai pada tanggal 24 Januari 2022 kemarin.