Ribuan Marinir Iringi Kepergian Jenderal Denjaka Penjaga Nyawa Jokowi

VIVA Militer: Letjen TNI (Mar) Suhartono saat menjabat Komandan Korps Marinir
Sumber :
  • tni.mil.id

VIVA – Berakhir sudah tugas Letjen TNI (Mar) Suhartono memimpin pasukan elite Korps Marinir TNI Angkatan Laut. Setelah empat tahun menduduki kursi Komandan Korps Marinir (Dankormar), Suhartono harus meninggalkan satuan kebanggaannya untuk menjalankan tugas dan tanggung jawab baru.

Pergerakan Pemudik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang, Menhub Budi Beberkan Catatan dari Jokowi

Tepat pada 21 Januari 2022 lalu, jebolan Akademi Angkatan Laut (AAL) 1988 ini resmi ditunjuk sebagai Komandan Komando Pembina Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal). 

Suhartono dipercaya untuk menggantikan posisi yang sebelumnya dijabat oleh Laksamana Madya (Laksdya) TNI Nurhidayat.

Survei LSI: Tingkat Kepuasan Publik pada Jokowi Naik 76,2 Persen

Jelang prosesi Serah Terima Jabatan (Sertijab) Dankormar, Perwira Tinggi (Pati) TNI Angkatan Laut yang pernah dua kali menjabat sebagai Komandan Detasemen Jalamangkara (Dandenjaka) ini mengucap salam perpisahan di depan ribuan prajurit Korps Marinir, di Kesatrian Marinir Sutedi Senaputra, Karangpilang, Surabaya, Jawa Timur (Jatim) Selasa 25 Januari 2022.

Dalam suasana haru dan hening, jenderal bintang tiga yang juga pernah menjabat sebagai Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres) ini menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh prajurit Korps Marinir TNI Angkatan Laut.

3 Faktor Pemicu Approval Rating Jokowi Masih Tinggi Versi Survei LSI

VIVA Militer: Komandan Korps Marinir, Mayjen TNI (Ma)r Suhartono

Photo :
  • Instagram/@suhartono323

Suhartono meyakini bahwa Korps Marinir akan terus bergerak maju sebagai garda terdepan penjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

Pria kelahiran  Batang 15 April 1966 ini percaya bahwa siapa pun sosok yang akan memimpin, Korps Baret Ungu akan semakin besar, maju dan profesional.

Oleh sebab itu, Suhartono menyampaikan kepada para prajurit Korps Marinir untuk selalu dekat dan berada di tengah-tengah rakyat. Sebab seorang prajurit Marinir adalah bagian dari rakyat, yang menjadi kunci keberhasilan dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawab.

"Karena ketulusan, karena keikhlasan dan tanggung jawab sebagai prajurit Korps Marinir, yang sadar bahwa dirinya merupakan bagian dari bangsa dan negara. Bagian dari rakyat Indonesia yang senantiasa mendengar jerit tangisnya rakyat, yang senantiasa merasakan kepiluan rakyat ketika mereka mengalami musibah," ujar Suhartono.

"Karena kalian selalu berada ditengah mereka, untuk membantu mengatasi permasalahan mereka, itulah yang membawa keberhasilan kalian, sehingga kecintaan rakyat kepada kalian semakin tumbuh dan kuat," katanya dikutip VIVA Militer dari laman resmi Korps Marinir TNI Angkatan Laut.

VIVA Militer: Letjen TNI (Mar) Suhartono dilepas ribuan prajurit Korps Marinir

Photo :
  • Instagram/@marinir_tni_al

Dengan menggunakan kendaraan tempur (Ranpur) Multiple Launcher Rocket System (MLRS) RM70 Vampire Resimen Bantuan Tempur 2/Marinir (Menbanpur 2/Marinir), mantan Suhartono bergerak perlahan diiringi hormat ribuan prajurit.

Sebagai informasi, Suhartono merupakan pejabat Dankormar ke-23 yang mulai menjabat pada 27 Desember 2018. 

Suhartono resmi bertugas sebagai Dankormar menggantikan pejabat sebelumnya, Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono, setelah hampir dua tahun mengawal Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi), sebagai Danpaspampres.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya