Fakta 15 Tahun 2 Jenderal TNI Perisai Hidup Nyawa Soeharto dan Jokowi

VIVA Militer: Komandan Paspampres.
Sumber :

VIVA – Ada sebuah fakta menarik tentang sosok-sosok perwira tinggi militer Tentara Nasional Indonesia (TNI) yang menjabat dan pernah menjabat sebagai Komandan Pasukan Pengamanan Presiden (Danpaspampres).

Panglima TNI Lantik Marsda TNI Khairil Lubis Jadi Pangkogabwilhan II

Ternyata sejak republik ini berdiri baru ada dua Komandan Paspampres yang bernasib baik hingga mencapai karier puncak militer di tanah air menjadi Panglima TNI.

Mau tahu siapa saja kedua jenderal TNI komandan Paspampres itu? Simak catatan VIVA militer berikut ini.

Alasan Pengemudi Fortuner Arogan Palsukan Pelat TNI Jalani Pemeriksaan Psikologi

Pada 7 Juni 2002, Presiden Megawati melantik Jenderal TNI Endriartono Sutarto sebagai Panglima TNI ke-14, menggantikan Laksamana TNI Widodo Adi Sutjipto.

VIVA Militer: Jenderal TNI (Purn.) Endriartono Sutarto

Photo :
  • Youtube
Pengemudi Mobil Fortuner Arogan Palsukan Pelat TNI Terancam 6 Tahun Bui

Cukup lama Jenderal Endriarto Sutarto menjabat orang nomor satu di tubuh TNI. Jabatan beliau sebagai Panglima TNI digantikan Marsekal TNI Djoko Suyanto pada 13 Februari 2006.

Jebolan Akabri 1971 ini merupakan Komandan Paspampres zaman Presiden RI, Soeharto. Malahan dia merupakan perisai hidup nyawa terakhir Pak Harto sebelum lengser.

Kala itu Jenderal TNI kelahiran Purworejo 1947 itu dipercaya menjabat Komandan Paspampres menggantikan Mayjen TNI Soegiono pada 1997.

VIVA Militer: Jenderal TNI (Purn.) Endriartono Sutarto

Photo :
  • Youtube

Setelah menunaikan tugas sebagai Panglima TNI, Jenderal Endriarto pensiun dan setelah 15 tahun kemudian, barulah kembali ada Komandan Paspampres yang akhirnya mengikuti jejak karier Jenderal Endriarto.

Pada 17 November 2021, Presiden Joko Widodo melantikan Jenderal TNI Andika Perkasa menjadi Panglima TNI ke-21 menggantikan Marsekal Hadi Tjahjanto.

VIVA Militer: Jenderal TNI Andika Perkasa mengucap sumpah di bawah Al Quran

Photo :
  • Youtube

Jenderal Andika Perkasa adalah junior Jenderal Endriarto di Paspampres, sebab beliau merupakan perwira tinggi TNI yang menjabat Komandan Paspampres ke-21.

Lulusan Akademi Militer (Akmil) 1987 berdarah Komando Pasukan Khusus (Kopassus) merupakan penjabat Komandan Paspampres pertama di era kepemimpinan Jokowi sebagai Presiden RI.

Beliau dipercaya menjabat Komandan Paspampres pada 22 Oktober 2014 menggantikan seniornya, Mayor Jenderal TNI Doni Monardo yang saat itu dipromosikan menjabat Panglima Komando Daerah Militer XVI/Pattimura.

Nah dengan fakta ini, apakah ke depannya ada lagi Komandan Paspampres yang bakal bernasib sama dengan kedua jenderal TNI di atas?. Semoga saja.

Baca: Ini Nasib Sosok Kolonel TNI yang Pertama Kali Bawa Jokowi Masuk Istana

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya