Mengenal Sosok Komandan Korps Marinir Pengganti Mayjen TNI Suhartono

VIVA Militer: Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto
Sumber :

VIVA – Satuan Komando Utama (Kotama) TNI Angkatan Laut, yaitu Korps Marinir dalam waktu dekat ini akan mengalami pergantian pucuk pimpinan. Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Suhartono akan digantikan oleh Mayjen TNI Widodo Dwi Purwanto yang saat ini menjabat sebagai Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Kasal.

3 Jenderal Hantu Laut Pamit Tinggalkan Marinir, Salah Satunya Intelijen Kakap TNI

Dankormar Mayjen TNI Suhartono mendapat promosi dan dipercaya oleh Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa untuk menempati posisi barunya sebagai Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal). Dengan demikian, Suhartono adalah salah satu Perwira Tinggi (Pati) TNI Angkatan Laut yang mendapatkan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi menjadi Letnan Jenderal (Letjen) atau Bintang Tiga.

Sebagaimana diketahui, pergantian posisi atau jabatan itu dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor 66/I/2022 tentang Pemberhentian Dari dan Pengangkatan Jabatan Dalam Lingkungan TNI yang telah diterbitkan pada 21 Januari 2022 lalu. Dalam surat keputusan tersebut, terdapat 328 Pati TNI yang mengalami mutasi atau rotasi jabatan. Dari 328 Pati TNI yang tersebut, 9 Pati diantaranya naik pangkat dari Bintang Dua menjadi Bintang Tiga.

90 Hari Digembleng, Dankormar Sematkan Baret Ungu ke 504 Prajurit Petarung Marinir Baru

Nah, dalam kesempatan kali ini, Rabu, 26 Januari 2022, VIVA Militer akan membahas sosok Perwira Tinggi (Pati) TNI Angkatan Laut yang kini dipercaya memegang komando pasukan elit TNI Angkatan Laut, Marinir. Dia adalah Mayjen TNI (Marinir) Widodo Dwi Purwanto.

Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto adalah salah satu lulusan terbaik Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan XXXIII tahun 1988. Dia lahir di Malang, Jawa Timur pada tanggal 26 Juni 1965.

Jenderal Kakap Bintang 4 Mantan Komandan Korps Anjing Setan Militer Amerika Meninggal Dunia

Selama berkarier di militer, Widodo pernah mengantongi beberapa Tanda Jasa Bintang Kehormatan, diantaranya adalah Satya Lencana Kesetiaan VIII, XVI, dan XXIV, Satya Lencana GOM VII, Satya Lencana Dharma Nusa, dan Satya Lencana Kebaktian Sosial.

Pengalaman memimpin pasukan Mayjen TNI (Mar) Widodo pun tidak perlu diragukan lagi. Pria yang dibesarkan dan dididik di Korps Marinir TNI Angkatan Laut itu memiliki sederet pengalaman dalam memimpin tongkat komando pasukan Marinir.

Widodo Dwi Purwanto mengawali karier kepemimpinan di pasukan yang memiliki julukan Hantu Laut itu sebagai Danton 3 Ki F Yonif-4 Marinir, ketika itu dia masih berpangkat Letnan Dua (Letda).

Dia juga pernah menjabat sebagai Komandan Yonif (Danyonif) 4 Marinir ketika dirinya berpangkat Letnan Kolonel (Letkol). Kemudian, ketika berpangkat Kolonel, karier militernya kembali meningkat. Dia dipercaya untuk menempati sejumlah posisi strategis, diantaranya Danbrigif 3 Pasmar pada tahun 2010, Aspers Dankormar, Komandan Kolatmar, Komandan Korsis Seskoal, Asrena Dankormar pada tahun 2015, terakhir dia menjabat Dandenma Mabesal pada tahun 2014-2016.

Karena prestasi dan kematangannya dalam memimpin, Widodo pun akhirnya pecah bintang pada tahun 2016 dan mengantongi Bintang Satu atau Brigadir Jenderal (Brigjen) Marinir.

Kenaikan pangkat dari Kolonel menjadi Brigjen (Marinir) itu kemudian diikuti dengan promosi jabatan yang membawa dia untuk menduduki jabatan sebagai Komandan Pangkalan Utama Militer Angkatan Laut (Danlantamal) I/Belawan pada tahun 2016. Kurang lebih satu tahun menjabat Danlantamal I/Belawan, Widodo kemudian kembali ditarik ke Jakarta untuk memimpin pasukan dan menjabat sebagai Komandan Pasmar II Jakarta pada tahun 2016-2017.

Tidak sampai di situ, karier militer Widodo Dwi pun kian melesat. Dia kembali mendapatkan promosi jabatan pada tahun 2017 untuk menempati jabatan Kasgartap III/Surabaya. Kemudian, pada tahun 2018-2020 dia kembali dipercaya untuk menduduki jabatan Kaskormar. Lalu, dua tahun menjabat Kaskormar, dia kembali dipromosi untuk menjabat Kepala Dinas Poternsi Maritim (Kadispotmar) pada tahun 2020.

Kemudian, tak lama menduduki jabatan Kadispotmar, pada tahun 2020, Widodo Dwi Purwanto kembali baik pangkat Bintang Dua, dari Brigjen menjadi Mayjen (Marinir). Kenaikan pangkat Bintang Dua itu kemudian menempatkan Widodo untuk menjabat posisi Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Kasal. Dan kini, dia kembali dipercaya untuk memimpin pasukan elit TNI Angkatan Laut sebagai Komandan Korps Marinir (Dankormar) menggantikan Mayjen TNI (Mar) Suhartono.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya