Mengenal Sosok Komandan Korps Marinir Pengganti Mayjen TNI Suhartono

VIVA Militer: Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto
VIVA Militer: Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto
Sumber :

VIVA – Satuan Komando Utama (Kotama) TNI Angkatan Laut, yaitu Korps Marinir dalam waktu dekat ini akan mengalami pergantian pucuk pimpinan. Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Suhartono akan digantikan oleh Mayjen TNI Widodo Dwi Purwanto yang saat ini menjabat sebagai Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Kasal.

Dankormar Mayjen TNI Suhartono mendapat promosi dan dipercaya oleh Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa untuk menempati posisi barunya sebagai Komandan Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI Angkatan Laut (Dankodiklatal). Dengan demikian, Suhartono adalah salah satu Perwira Tinggi (Pati) TNI Angkatan Laut yang mendapatkan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi menjadi Letnan Jenderal (Letjen) atau Bintang Tiga.

Sebagaimana diketahui, pergantian posisi atau jabatan itu dilakukan berdasarkan Surat Keputusan Panglima TNI Nomor 66/I/2022 tentang Pemberhentian Dari dan Pengangkatan Jabatan Dalam Lingkungan TNI yang telah diterbitkan pada 21 Januari 2022 lalu. Dalam surat keputusan tersebut, terdapat 328 Pati TNI yang mengalami mutasi atau rotasi jabatan. Dari 328 Pati TNI yang tersebut, 9 Pati diantaranya naik pangkat dari Bintang Dua menjadi Bintang Tiga.

Nah, dalam kesempatan kali ini, Rabu, 26 Januari 2022, VIVA Militer akan membahas sosok Perwira Tinggi (Pati) TNI Angkatan Laut yang kini dipercaya memegang komando pasukan elit TNI Angkatan Laut, Marinir. Dia adalah Mayjen TNI (Marinir) Widodo Dwi Purwanto.

Mayjen TNI (Mar) Widodo Dwi Purwanto adalah salah satu lulusan terbaik Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan XXXIII tahun 1988. Dia lahir di Malang, Jawa Timur pada tanggal 26 Juni 1965.

Selama berkarier di militer, Widodo pernah mengantongi beberapa Tanda Jasa Bintang Kehormatan, diantaranya adalah Satya Lencana Kesetiaan VIII, XVI, dan XXIV, Satya Lencana GOM VII, Satya Lencana Dharma Nusa, dan Satya Lencana Kebaktian Sosial.

Pengalaman memimpin pasukan Mayjen TNI (Mar) Widodo pun tidak perlu diragukan lagi. Pria yang dibesarkan dan dididik di Korps Marinir TNI Angkatan Laut itu memiliki sederet pengalaman dalam memimpin tongkat komando pasukan Marinir.