Mayjen TNI Andi, Panglima Perang Kostrad yang Jadi Pangdam Hasanuddin

VIVA Militer: Panglima Divisi Infanteri 2/Kostrad, Mayjen TNI Andi Muhammad
Sumber :
  • Instagram/@divif2_kostrad

VIVA – Salah satu panglima perang Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Kostrad) yaitu, Panglima Divisi Infanteri (Pangdivif) 2 Kostrad Mayjen TNI Andi Muhammad baru saja mendapatkan kepercayaan dari Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa untuk menempati jabatan baru sebagai Panglima Komando Daerah Militer (Kodam) XIV/Hasanuddin menggantikan Mayjen TNI Mochamad Syafei Kasno.

Melesat Naik Pangkat Jenderal Bintang Dua TNI, Mayjen Bangun Nawoko Kini Jabat Pangdivif 3 Kostrad

Pergantian jabatan itu tertera didalam Surat Keputusan Panglima TNI Nomor 66/I/2022 tentang Pemberhentian Dari dan Pengangkatan Jabatan di Lingkungan TNI beberapa waktu lalu. Dalam surat keputusan itu terdapat 328 Perwira Tinggi (Pati) TNI yang mengalami mutasi dan rotasi jabatan. Salah satunya adalah Pangdivif 2 Kostrad Mayjen TNI Andi Muhammad yang diamanahkan untuk menggantikan Pangdam Hasanuddin Mayjen TNI Mochamad Syafei Kasno yang kini menjadi Dosen Tetap Universitas Pertahanan (Unhan).

Untuk diketahui, Kodam XIV/Hasanuddin bukanlah tempat asing bagi Mayjen TNI Andi Muhammad. Sebelum menjabat sebagai Pangdivif 2 Kostrad pada April 2021 silam, dia pernah bertugas di Markas Komando yang dijuluki pasukan Ayam Jantan dari Timur itu.

Aksi Jenderal TNI Maruli dan Pasukan Tengkorak Kostrad 88 Hari Ubah 24 Rumah Berhantu Jadi Indah

Iya, Mayjen TNI Andi pernah menjabat Kepala Staf Komando Daerah Militer (Kasdam) XIV/Hasanuddin pada tahun 2020-2021 lalu.

Pati TNI Angkatan Darat yang dibesarkan dari Kecabangan Infanteri (Kostrad) itu tercatat memiliki sejumlah pengalaman dalam memimpin pasukan tempur TNI Angkatan Darat.

Meriahkan Lebaran, KSAD Jenderal Maruli Hadiri Open House di Rumah Dinas Pangkostrad

VIVA Militer: Panglima Divisi Infanteri 2/Kostrad, Mayjen TNI Andi Muhammad

Photo :
  • Instagram/@divif2_kostrad

Pada tahun 2003-2004 dia pernah menjabat sebagai Komandan pasukan penggempur jaringan teroris Poso, yaitu Batalyon Infanteri (Yonif) Lintas Udara 433/Julu Siri. Selain itu, dia juga pernah dipercaya menempati posisi Dandim 0908/Bontang, dan pada tahun 2016 dia dipercaya untuk menjadi Komandan Korem 041/Garuda Emas.

Tidak hanya sebatas itu, Mayjen TNI Andi Muhammad juga pernah menjabat sejumlah posisi strategis lainnya, diantaranya adalah Pa Sahli Tk. II Was Eropa dan AS Sahli Bidang Hubungan Internasional Panglima TNI pada tahun 2019. Setelah itu, dia kembali mendapatkan promosi jabatan sebagai Staf Khusus Kasad pada tahun 2019-2020 lalu.

Tidak dapat dipungkiri, keberhasilan serta pengalaman Mayjen TNI Andi Muhammad dalam memimpin pasukan tempur Kostrad di Divisi infanteri 2 Kostrad merupakan pertimbangan penting mengapa dirinya dipercaya untuk memegang tongkat komando di wilayah teritorial Kodam XIV/Hasanuddin. Sebab, selama Mayjen TNI Andi memimpin Pangdivif 2 Kostrad, dia telah berhasil mempersiapkan pasukan tempur Kostrad yang berada dibawah binaannya untuk melaksanakan sejumlah operasi penting TNI, salah satunya adalah Satgas Pamrahwan Papua.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya