Resmi Ganti Nama Jadi Kopasgat, Dankorpaskhas Kirim Pasukan ke Papua

VIVA Militer: Prajurit Yonko 469 Pasgat TNI AU usai latihan Pratugas ke Papua
VIVA Militer: Prajurit Yonko 469 Pasgat TNI AU usai latihan Pratugas ke Papua
Sumber :
  • Korpaskhas TNI AU

VIVA – Komandan Korps Pasukan Khas TNI Angkatan Udara (Dankorpaskhas) Marsekal Muda (Marsda) TNI Eris Widodo melakukan kunjungan kerja ke Markas Batalyon Komando 469 Paskhas, Medan.

Kunjungan kerja orang nomor satu di jajaran pasukan elite TNI Angkatan Udara itu dilakukan dalam rangka bertemu dengan ratusan prajurit Korpaskhas dari jajaran Wing III yang akan menjalankan tugas sebagai Satgas Lanud Pamtas RI-PNG wilayah Papua dan Papua Barat, sekaligus mensosialisasikan perubahan nama satuan dari Korpaskhas menjadi Kopasgat.

Di hadapan ratusan pasukan elite TNI AU itu, Dankorpaskhas menyampaikan bahwa pada tanggal 22 Januari 2022 lalu Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa sudah menerbitkan pergantian nama dari Korpaskhas menjadi Kopasgat. 

"Untuk itu, kita harus menjaga nama baik tersebut karena dibalik itu kita mempunyai tanggung jawab yang besar," kata Dankorpaskhas Marsda TNI Eris Widodo dilansir VIVA Militer dari keterangan resmi Korpaskhas, Rabu, 26 Januari 2022.

VIVA Militer: Dankorpaskhas Marsda TNI Eris Widodo di Markas Yonko 469 Pasgat

VIVA Militer: Dankorpaskhas Marsda TNI Eris Widodo di Markas Yonko 469 Pasgat

Photo :
  • Yonko 469 Pasgat

Terkait dengan operasi ke wilayah Papua dan Papua Barat, Dankorpaskhas mengatakan, penugasan dalam operasi merupakan suatu kebanggaan bagi prajurit.  Dankorpaskhas pun mengaku sangat bangga bisa berada di tengah-tengah pasukan pemberani yang akan menjalankan tugas operasi di wilayah Papua dan Papua Barat yang akan menggantikan prajurit Satgas Lanud Pamtas RI-PNG dari jajaran Wing I Paskhas.

"Kegiatan tatap muka secara langsung ini juga merupakan kebanggaan tersendiri bagi saya, untuk itu jadikanlah kegiatan ini sebagai motivasi dan semangat dalam rangka melaksanakan tugas di daerah Papua," ujarnya.