Antisipasi Konflik Haruku Meluas, Pangdam Pattimura Siagakan Pasukan

VIVA Militer:Pangdam Pattimura Mayjen TNI Richard Tampubolon pimpin Apel Pasukan
VIVA Militer:Pangdam Pattimura Mayjen TNI Richard Tampubolon pimpin Apel Pasukan
Sumber :
  • Pendam XVI/Pattimura

VIVA – Panglima Komando Daerah Militer (Kodam) XVI/Pattimura Mayjen TNI Richard  Tampubolon memiliki cara tersendiri untuk menyikapi konflik yang terjadi di Pulau Haruku antara warga Desa Ori dan Desa Kariu, Maluku Tengah.

Dia bergerak cepat dengan menggelar Apel Kesiapan Pasukan di Lapangan Markas Korem 151/Binaiya pada hari Rabu, 26 Januari 2022 kemarin.

Apel Kesiapan Pasukan yang diikuti ratusan prajurit TNI dari jajaran Kodam Pattimura itu sengaja dilakukan untuk mengantisipasi agar konflik dua desa di wilayah Pulau Haruku itu tidak meluas ke daerah lain. 

Dalam arahannya, Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Richard Tampubolon menyampaikan kepada semua prajurit agar jangan pernah ragu untuk mengambil tindakan tegas terhadap pihak-pihak yang mengancam keselamatan masyarakat maupun keselamatan prajurit saat bertugas di lapangan . 

Dia juga menegaskan, seluruh prajurit TNI AD harus selalu dalam keadaan siap apabila Polri meminta bantuan untuk mempertebal pengamanan di wilayah Pulau Haruku.

"Kodam XVI/Pattimura menyatakan  setiap saat , kapan  saja dan dimana saja siap memberikan perbantuan bila ada permintaan dari Polri," kata Pangdam Pattimura Mayjen TNI Richard Tampubolon dalam keterangan resminya, Rabu malam, 26 Januari 2022.

Untuk diketahui, Kodam XVI/Pattimura telah menyiagakan 8 SSK yang terdiri dari 4 SSK Yonif 733/Masariku, 2 SSK Denkav 5/BLC dan 2 SSK Denzipur 5/CMG yang siap diterjunkan mengendalikan keamanan memperbantukan Polri jika diperlukan di Maluku.