Jenderal Raider TNI Penjaga Tanah Papua Ditarik Kasad Masuk Mabes

VIVA Militer: Brigjen TNI Bangun Nawoko
Sumber :
  • Instagram/@pen_korem174_atw

VIVA – Usai sudah tugas Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI Bangun Nawoko di tanah Papua. Setelah setahun lebih menduduki jabatan Komandan Komando Resor Militer 174/Anim Ti Waninggap, jenderal bintang satu ini akan menerima tugas baru di Markas Besar TNI Angkatan Darat (Mabesad).

4 Sosok Jenderal Bintang 4 Kelahiran Tanah Sunda, Pernah Jadi KSAD dan Panglima TNI

Menurut laporan yang dikutip VIVA Militer dari laman resmi Komando Resor Militer 174/Anim Ti Waninggap (Korem 174/ATW), Bangun mendatangi Pos Komando Taktis (Pos Kotis) Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Republik Indonesia-Papua Nugini Batalyon Infanteri 123/Rajawali (Satgas Pamtas RI-PNG Yonif 123/Rajawali).

Kedatangan Bangun disambut langsung oleh Komandan Satgas (Dansatgas) Pamtas RI-PNG Yonif 123/Rajawali, Letkol Inf Goklas Silaban, di Kampung Sipias, Distrik Elikobel, Kabupaten Merauke, Kamis 27 Januari 2022.

Alasan Pengemudi Fortuner Arogan Palsukan Pelat TNI Jalani Pemeriksaan Psikologi

Bangun yang juga menjabat sebagai Komandan Komando Pelaksana Operasi (Dankolakops) Sektor Selatan Papua, berpamitan secara langsung kepada para prajurit TNI Angkatan Darat anggota Yonif 123/Rajawali.

Dalam perjumpaan terakhirnya dengan pasukan dari Komando Daerah Militer I/Bukit Barisan (Kodam I/Bukit Barisan) ini, Bangun menyampaikan ucapan terima kasih atas peran seluruh anggota satgas.

Pengemudi Mobil Fortuner Arogan Palsukan Pelat TNI Terancam 6 Tahun Bui

VIVA Militer: Brigjen TNI Bangun Nawoko

Photo :
  • Instagram/@pen_korem174_atw
 

Tak lupa, Bangun juga memberi pesan kepada para prajurit agar senantiasa bertindak profesional dan menghindari segala bentuk pelanggaran. Sebab, hal itu lah yang bisa menjamin keberhasilan tugas operasi di Papua.

Selain itu menurut Bangun, salah satu indikator kesuksesan dalam pelaksanaan operasi adalah peran prajurit TNI Angkatan Darat bagi masyarakat Papua. Bangun menjamin, masyarakat Papua akan menangis dan merasa kehilangan saat para anggota satgas kembali pulang ke markas satuan.

"Indikator keberhasilan tugas operasi yaitu tidak adanya pelanggaran. Melaksanakan tugas sampai selesai, dalam keadaan aman. Dan, masyarakat Papua menangis saat kalian kembali ke satuan asal," ujar Brigjen TNI Bangun Nawoko.

Alumni Akademi Angkatan Bersenjata Republik Indonesia (AKABRI) 1992 ini sebelumnya ditunjuk menjadi Danrem 174/Anim Ti Waninggap pada 9 April 2020. Bangun dipercaya menggantikan posisi yang sebelumnya dijabat oleh Brigjen TNI R. Agus Abdurrauf.

Selanjutnya, mantan Komandan Brigade Infanteri Para Raider 18/Trisula (Danbrigif PR 18/Trisula) akan menempati posisi baru sebagai Wakil Asisten Operasi Kepala Staf TNI Angkatan Darat Bidan Perencanaan Operasi (Waasops Kasad Bid Renops).

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya