Sah, Koopsudnas Resmi Beroperasi Gantikan Kohanudnas dibawah TNI AU

VIVA Militer: KSAU Resmikan Kotama Komando Operasi Udara Nasional (Koopsudnas)
Sumber :
  • Istimewa/Viva Militer

VIVA – Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo hari ini secara resmi mengesahkan Komando Operasi Udara Nasional (Koopsudnas) menjadi satuan organisasi baru menggantikan Komando Pertahanan Udara Nasional (Kohanudnas) yang berada dibawah pembinaan TNI Angkatan Udara.

Pesawat Intai TNI AU Gelar Operasi Sayap Ambara di Langit Nusantara Demi Amankan Pemilu 2024

Dia menambahkan, organisasi Koopsudnas bertanggung jawab pada Panglima TNI sekaligus bertanggung jawab pada Kasau. 

"Ini adalah sebuah langkah strategis yang sangat menentukan, guna mewujudkan Unity of Command khususnya untuk Meningkatkan fokus dan koordinasi dalam akses employment serta dalam pengerahan kekuatan Angkatan Udara," kata KSAU Marsekal TNI Fadjar Prasetyo ketika memimpin Upacara peresmian Koopsudnas menjadi organisasi baru di tubuh TNI AU, Jum'at, 28 Januari 2022.

Pangkoopsudnas Lantik Marsda TNI Donald Kasenda Jadi Kepala Staf Koopsudnas, Ini Profilnya

"Dengan demikian peresmian ini juga telah menetapkan Koopsudnas sebagai leading sektor yang bertanggung jawab terhadap operasi pertahanan udara yang sebelumnya Kohanudnas," tambah KSAU.

Lebih jauh lagi KSAU menjelaskan, perubahan organisasi baru di internal TNI Angkatan Udara itu dilakukan untuk mengoptimalkan tugas dan peran TNI Angkatan Udara dalam rangka mempertahankan wilayah udara NKRI yang sebelumnya dilaksanakan oleh Kohanudnas. 

TNI Pemersatu Anak Bangsa Demi Kemajuan Indonesia

Koopsudnas ini dipimpin oleh jenderal TNI Bintang Tiga yaitu, Panglima Koopsudnas dalam hal ini Marsekal Madya TNI Andyawan Martono Putra.

"Dengan adanya ini, diharapkan kita lebih optimum dalam menggunakan kekuatan udara, baik pertahanan udara, dimana ada radar, pesawat Buruh Sergap, dan Rudal Hanud. Dan juga operasi-operasi udara dukungan seperti angkutan udara, SAR dan lain sebagainya, dan juga pertahanan pangkalan yang dilaksanakan oleh Paskhas yang saat ini berubah menjadi Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat)," kata Marsekal TNI Fadjar Prasetyo.

Ilustrasi TNI

Roadmap Repatriasi Hak Militer Sumber Daya Pertahanan Negara

Roadmap repatriasi hak militer Sumber daya pertahanan negara.

img_title
VIVA.co.id
16 Februari 2024