Pasukan Kalajengking Hitam TNI Sweeping Kendaraan Keluar Masuk Papua

VIVA Militer: Sweeping pasukan Kalajengkin Hitam TNI.
Sumber :

VIVA – Tentara Nasional Indonesia (TNI) memperketat keamanan di akses keluar masuk Papua di perbatasan negara RI dengan Papua Nugini.

Roadmap Repatriasi Hak Militer Sumber Daya Pertahanan Negara

Seperti yang terjadi di jalur utama batas negara di Jalan Monggoefi, Distrik Yaffi, Kabupten Keerom, Papua. Semua kendaraan yang melintas perbatasan harus berhadapan dengan sweeping yang dilaksanakan prajurit TNI dari Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan (Satgas Pamtas) RI-PNG, Batalyon Infanteri (Yonif) 126/Kala Cakti.

Semua kendaraan yang melintas dicegat dan diperiksa secara menyeluruh oleh pasukan tempur Yonif berjuluk Kalajengking Hitam tersebut.

TNI Pemersatu Anak Bangsa Demi Kemajuan Indonesia

VIVA Militer: Sweeping pasukan Kalajengkin Hitam TNI.

Photo :

Menurut Komandan Satgas Pamtas Yonif 126/Kala Cakti, Letnan Kolonel Inf Dwi Widodo, sweeping dilakukan untuk mencegah terjadinya kegiatan ilegal dan penyelundupan narkoba serta senjata ke Papua.

Transformasi Kualitas Demokrasi di Papua

"Tujuan kegiatan ini sebagai upaya mencegah terjadinya pelanggaran hukum yang terjadi di daerah perbatasan, seperti lintas ilegal baik itu orang maupun barang," kata Letkol Inf Dwi dilansir VIVA Militer Jumat 28 Januari 2022 dari siaran resminya.

Letkol Inf Dwi Widodo menuturkan, setiap pelintas batas yang kedapatan melanggar, maka TNI akan berkoordinasi dengan kepolisian, bea cukai dan imigrasi.

"Kegiatan ini rutin dilaksanakan, Untuk mempersempit pergerakan pelaku ilegal penyelundupan narkoba di perbatasan kedua negara," kata Letkol Inf Dwi.

Baca: Komandan Jenderal Kopassus TNI Bongkar Sosok Profesor Berbaret Merah

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya