Upacara Militer Iringi Pemulangan 3 Jenazah Prajurit TNI dari Papua

VIVA Militer: 3 Jenazah Prajurit TNI diterbangkan ke kampung halaman
Sumber :
  • Pendam XVII Cenderawasih

VIVA – Tiga jenazah prajurit TNI Angkatan Darat personel Satgas Kodim YR 408/Sabadha yang menjadi korban penembakan Kelompok Separatis Teroris (KST) OPM Papua pada hari Kamis kemarin, 27 Januari 2022, hari ini telah diterbangkan ke kampung halaman mereka. 

Basis OPM Paro Nduga Lumpuh Digempur TNI, 2 Anak Buah Egianus Kogoya Tertembak

Ketiga jenazah prajurit pemberani itu dilepas dengan Upacara Militer yang dipimpin oleh Dandim 1710/Mimika Letkol Inf Yoga Cahya Prasetya di Aula Markas Yonif Raider 754/ENK, Timika.

"Upacara dipimpin Letkol Inf Yoga Cahya Prasetya Dandim 1710/Mimika selaku inspektur upacara, turut hadir Letkol (P) Deni Indra Murdianto (Danlanal Timika), AKBP I Gusti Gede Era Adhinata (Kapolres Mimika), Kompol Afrizal Asri (Danyon B Brimob Mimika) dan Bapak Yulianus Sasarari (Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat)," kata Kapendam XVII/Cenderawasih Kolonel Inf Aqsha Erlangga dalam keterangan resminya, Jum'at, 28 Januari 2022.

Sejarah Bakal Pecah, Besok Raja Aibon Kogila Serahkan Tongkat Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI

Dia menambahkan, usai prosesi upacara militer, ketiga jenazah prajurit TNI Angkatan Darat itu, yaitu Alm. Serda M. Rizal Maulana Arifin, Pratu Tuppal Holomoan Baresa, dan Pratu Rahman Tomilawa langsung dibawa menuju Bandara Timika untuk diterbangkan menuju ke kampung halaman masing-masing untuk dimakamkan di Taman Makam Pahlawan.

Lebih jauh lagi, Kapendam Cenderawasih menjelaskan, jenazah Almarhum Serda M. Rizal Maulana Arifin diberangkatkan dari Terminal UPBU Bandara Moses Kilangin Timika menuju Bandung pada pukul 07.00 WIT dengan menggunakan pesawat Batik Air dengan rute penerbangan Timika - Jayapura - Makassar - Bandung.

TNI Berduka, Letkol Marolop Meninggal Dunia 2 Hari Usai Serahkan Jabatan Komandan Kodim di Papua

Sementara, jenazah Pratu Tuppal Halomoan Barasa diberangkatkan dari Terminal UPBU Bandara Moses Kilangin Timika menuju Jambi pukul 07.02 menggunakan pesawat Batik Air tujuan Jambi via Jakarta.

"Sedangkan untuk jenazah Alm. Pratu Rahman Tomilawa direncanakan akan diberangkatkan menuju Ambon via Makassar pada pukul 17.30 WIT menggunakan pesawat Batik Air. Namun karena faktor cuaca yang tidak memungkinkan sehingga ditunda sementara. Direncanakan pesawat akan mencoba lagi menuju Timika setelah cuaca membaik," kata Kolonel Inf Aqsha.

VIVA Militer: Sertijab Komandan Yonif 305 Tengkorak Kostrad TNI.

LIVE: Momen Bersejarah Raja Aibon Serahkan Tongkat Komandan Pasukan Tengkorak TNI ke Letkol Danu

Apa yang terjadi dalam peristiwa itu? Disiarkan langsung dari Markas Yonif 305/Tengkorak Kostrad, TNI.

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024