Bertemu Jenderal Perang Australia, KSAD Dudung Tawarkan Latihan Bareng

VIVA Militer: KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman bertemu Athan Australia
Sumber :
  • Dispenad

VIVA – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman hari ini menggelar pertemuan dengan Kepala Staf Angkatan Darat Australia, Jenderal Rick Burr melalui video conference di Ruang Bina Yudha 1, Mabesad, Jakarta Pusat.

Prediksi Piala Asia U-23: Timnas Indonesia vs Australia

Selain bertemu dengan Jenderal Rick Burr, dalam kesempatan yang sama Jenderal TNI Dudung Abdurachman juga bertemu secara langsung Atase Pertahanan Angkatan Darat Australia yang ada di Indonesia.

Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman menyampaikan keyakinannya bahwa kerjasama antar dua instansi Angkatan Darat dapat semakin berkembang dan meningkat kedepannya. Menurut Jenderal Dudung, kerjasama antara TNI Angkatan Darat dan Angkatan Darat Australia akan sangat bermanfaat, terutama dalam meningkatkan kerjasama di bidang latihan, pendidikan dan dialog antara kedua Angkatan Darat.

Ribuan SUV Mercedes-Benz Dipaksa ke Bengkel karena Berpotensi Kebakaran

"Setelah Pandemi COVID-19 ini, merupakan waktu terbaik untuk meningkatkan dan melanjutkan hubungan kedua Angkatan Darat dan saya berjanji akan memperkuat hubungan bilateral antara Indonesia-Australia," kata KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman dilansir VIVA Militer dari keterangan resmi Dispenad, Jum'at, 11 Februari 2022.

Pernyataan Kasad Jenderal Dudung pun mendapat respon positif dari Jenderal Rick Burr. Dia menyampaikan rintisan pembicaraan terkait persahabatan dan kemitraan antara TNI Angkatan Darat dan Angkatan Darat Australia telah dibangun sejak lama, terutama dengan Kasad sebelumnya. 

Kemlu Pastikan Tidak Ada WNI Jadi Korban Penusukan Massal di Mal Sydney

VIVA Militer: KSAD Jenderal TNI Dudung bertemu dengan Kasad Australia

Photo :
  • Dispenad

Jenderal Rick Burr pun menegaskan Australia berkomitmen akan terus meningkatkan kerjasama militer dengan kepemimpinan Kasad Jenderal TNI Dudung dan Kasad di masa mendatang.

Jenderal Burr juga menyampaikan perlu adanya pertukaran personel maupun instruktur dalam rangka peningkatan kualitas sumber daya manusia kedua belah pihak.

Menanggapi hal tersebut, Dudung bersepakat bahwa hubungan persahabatan ini harus dijaga dan dipelihara. 

"Ke depan, mari kita lakukan kegiatan bersama yang bersifat latihan, ataupun kegiatan lain. Sehingga hubungan Angkatan Darat Indonesia-Australia semakin baik," ujarnya.

Tidak hanya itu, Jenderal TNI Dudung pun mengungkapkan dirinya akan mengunjungi Australia pada bulan April 2022 mendatang sebagai salah satu wujud komitmen TNI Angkatan Darat dalam membangun kerjasama bilateral dibidang militer dengan Australia.  

Dudung mengungkapkan, kerjasama akan diprioritaskan pada bidang latihan dan pendidikan. Karena sebagai negara sahabat, harus disamakan persepsi dan perlu dipadukan antara taktik dan teknik yang akan dikembangkan. Termasuk pendidikan untuk meningkatkan kualitas di seluruh level, baik Perwira, Bintara maupun Tamtama. 

"Latihan ini harus disamakan persepsinya, pendidikan tidak hanya bagi Perwira tetapi juga Bintara dan Tamtama secara gabungan," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya