Jokowi Minta TNI-Polri Siapkan Pasukan yang Ahli Teknologi Digital

Presiden RI Joko Widodo (Jokowi), dalam pembukaan Rapim TNI Polri 2022
Sumber :
  • Puspen TNI

VIVA – Presiden RI Joko Widodo hari ini membuka Rapat Pimpinan (Rapim) TNI-Polri tahun 2022 yang digelar di Plaza Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur.

Dianggap Bukan Lagi Kader PDIP, Zulhas: Rumah Pak Jokowi dan Gibran Namanya PAN

Dalam sambutannya, orang nomor satu di Republik Indonesia itu mengingatkan kepada seluruh personel TNI dan Polri agar segera berbenah diri untuk menghadapi perkembangan transformasi digital di masa mendatang.

Jokowi meminta kepada seluruh pimpinan TNI-Polri untuk dapat membina dan mempersiapkan seluruh jajarannya dalam mengembangkan teknologi informasi. Kedepan, dia berharap prajurit TNI dan Polri memiliki talent-talent atau personel yang benar-benar menguasai teknologi digital. Sebab, saat ini dunia kriminal pun sudah mengarah ke transformasi digital.

Corn Imports Down to 450 Thousand Tons

"Di TNI-Polri harus memiliki talent digital, karena eranya sudah seperti ini, harus punya jago-jago AI (Artificial Intelligence), load computing, digital design, ngerti digital marketing, ngerti harus ngerti," kata Presiden RI Joko Widodo ketika membuka Rapim TNI-Polri Tahun 2022, Selasa, 1 Maret 2022.

"Karena nanti keseharian kita bergelut dengan itu. Kalau penegak hukum Polri tidak ngerti seperti yang tadi saya sampaikan, gimana? Kejahatan pun mungkin bergeser dari yang tadinya konvensional menjadi ke yang berkaitan dengan digital. Dan sekarang ini sudah terjadi. TNI-Polri harus memiliki talent digital. Karena pertarungan kita ke depan, teknologi, teknologi," tambahnya.

Jokowi Resmikan 147 Bangunan yang Direhabilitasi Pasca Gempa di Sulawesi Barat

Untuk diketahui, Rapim TNI-Polri tahun ini mengusung tema "TNI-Polri Siap Mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional dan Reformasi Struktural". 

Rapim TNI-Polri tersebut digelar secara Hybird yang diikuti oleh 392 Pati TNI-Polri yang terdiri dari 166 Pati hadir secara langsung, dan 266 Pati secara daring atau virtual. 

Rapim tersebut dihadiri oleh seluruh Kepala Staf Angkatan, Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo, Ketua MPR RI Bambang Soesatyo, Ketua DPR RI Puan Maharani, Ketua Mahkamah Agung (MA) Muhammad Syarifuddin, hingga Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Anwar Usman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya