Keren, Ranpur Marinir Disulap Jadi Mobil Pintar di Papua

VIVA Militer: Prajurit Marinir ajari anak pedalaman Papua operasikan laptop
Sumber :
  • Dispen Kormar

VIVA – Prajurit Satgas Muara dan Perairan Papua Korps Marinir TNI Angkatan Laut berinisiatif mengubah kendaraan tempur (Ranpur) plat baja Marinir menjadi Mobil Pintar yang difungsikan menjadi perpustakaan keliling untuk anak-anak di pedalaman Distrik Kenyam, Kabupaten Nduga, Papua.

Menegangkan! Tentara Korea Selatan Gelar Latihan Senjata Besar di Dekat Perbatasan Korut

Komandan Satgas Muara dan Perairan Papua Korps Marinir Letkol Marinir Tri Yudha Ismanto mengatakan, penggunaan alutsista Marinir itu dilakukan untuk menindaklanjuti Perintah Harian Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono tentang menjaga kepercayaan negara dan rakyat kepada TNI Angkatan Laut melalui kerja nyata yang bermanfaat bagi institusi, masyarakat, bangsa dan negara.

"Mobil pintar tersebut keliling pelosok distrik Kenyam yang bertujuan untuk menjangkau generasi muda ataupun masyarakat di pedalaman Papua agar mudah dalam memperoleh ilmu pengetahuan dan teknologi di luar sekolah," kata Dansatgas Muara dan Perairan Papua Korps Marinir Letkol Marinir Tri Yudha Ismanto dalam keterangan resminya, Selasa, 8 Maret 2022.

3 Jenderal Hantu Laut Pamit Tinggalkan Marinir, Salah Satunya Intelijen Kakap TNI

VIVA Militer: Satgas Muara dan Perairan Marinir ubah Ranpur jadi Mobil Pintar

Photo :
  • Dispen Kormar

Lebih jauh dia mengatakan, Mobil Pintar tersebut, beroperasi membawa buku dengan jumlah 5500 buku yang terdiri dari buku bacaan umum, bacaan budi pekerti, buku ilmu pengetahuan teknologi, dan buku modul pelajaran. 

90 Hari Digembleng, Dankormar Sematkan Baret Ungu ke 504 Prajurit Petarung Marinir Baru

Selain itu, lanjut Dansatgas, jajarannya juga membawa buku tulis sebanyak 10.000 buah untuk dibagikan secara gratis untuk semua kalangan, baik pelajar maupun masyarakat yang membutuhkan. 

Kegiatan lainnya adalah memberikan pengetahuan umum, pengetahuan teknologi umum sederhana maupun teknologi komputer, memberikan pelajaran sosial budaya, serta memberikan makanan gratis.

"Mobil Pintar ini selain untuk mencerdaskan generasi muda di Pedalaman Papua, kegiatan ini juga memberikan layanan kepada anak-anak maupun masyarakat Papua yang membutuhkan informasi umum apapun maupun pengetahuan tentang sosial budaya provinsi lain Indonesia," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya