Kolonel Dany Rakca Datangi Makam Putra Maharaja Prabu Siliwangi

VIVA Militer: Kolonel Dany Rakca Andalasawan di makam Pangeran Walangsungsang.
Sumber :
  • Korem 063/Sunan Gunung Jati

VIVA – Komandan Komando Resor Militer (Korem) 063/Sunan Gunung Jati, Kolonel Inf Dany Rakca baru saja mendatangi salah satu situs bersejarah yang tersohor di Kota Cirebon, Jawa Barat.

Jenderal Zahedi Tewas Dibunuh Israel, Iran Tarik Pasukan dari Suriah

Situs sejarah yang didatangi Kolonel Inf Dany itu adalah Keramat Talun Pangeran Cakrabuana Mbah Kuwu Sangkan di Desa Cirebon Girang, Kecamatan Talun.

Berdasarkan siaran resmi Penerangan Korem 063/SGJ dilansir VIVA Militer, Senin 9 Mei 2022, Kolonel Inf Dany mendatangi makam yang dikeramatkan itu untuk berziarah dan memperkenalkan dirinya sebagai orang baru yang memimpin Korem 063/SGJ.

Merinding, Isi Pesan Terakhir Raja Aibon ke Pasukan Tengkorak Sebelum Tinggalkan Kostrad TNI

VIVA Militer: Kolonel Dany Rakca Andalasawan di makam Pangeran Walangsungsang.

Photo :
  • Korem 063/Sunan Gunung Jati

Dalam foto yang disiarkan Korem 063/SGJ,  Kolonel Inf Dany dan para petinggi Korem 063/SGJ tampak khusyuk mengikuti doa bersama di makam keramat yang selama ini diyakini masyarakat sebagai tempat peristirahatan terakhir putra mahkota dari Raja Sunda, Sri Baduga Maharaja Prabu Siliwangi, yaitu Pangeran Cakrabuana alias Pangeran Walangsungsang.

2 Transgender Thailand Mencari Pembebasan dari Dinas Wajib Militer

Sosok Pangeran Walangsungsang dikenal sebagai salah satu tokoh penyebar Islam di Cirebon. Tak cuma itu, saja, putra sulung Prabu Siliwangi dari pernikahan dengan Nyi Subang Larang itu, juga dikenal sebagai pendiri sekaligus raja pertama Kesultanan Cirebon.

Pangeran Walangsungsang merupakan paman dari Sultan Syarif Hidayatullah atau Sunan Gunung Jati. Sebab, Pangeran Walangsungsang merupakan kakak ibu kandung Sunan Gunung Jati, yaitu Nyi Mas Rara Santang.

Perlu diketahui, Kolonel Inf Dany belum lama dipercaya menjabat Komandan Korem 063/SGJ. Beliau baru dilantik Panglima Kodam III/Siliwangi, Mayor Jenderal TNI Kunto Arief Wibowo  pada 12 Maret 2022, menggantikan Kolonel Inf Elkines Villando Dewangga.

Baca: Kabar Duka, Perwira Muda Raider Khusus TNI Meninggal Dunia di Papua

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya