Ini Profil Brigjen TNI Bobby Panglima Divif 1 Kostrad yang Baru

VIVA Militer: Pangkostrad Lantik Brigjen TNI Bobby jadi Panglima Divif 1 Kostrad
Sumber :
  • Penkostrad

VIVA – Panglima Kostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak hari ini baru saja memimpin Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) posisi Panglima Divisi Infanteri (Pangdivif) 1 Kostrad dari Mayjen TNI Dedy Kusmayadi kepada Brigjen TNI Bobby Rinal Makmun. 

Kolaborasi Prabowo dan Raja Yordania, TNI Berhasil Kirim Bantuan RI ke Gaza via Udara

Dengan demikian, dalam waktu dekat ini Brigjen TNI Bobby akan naik pangkat menjadi jenderal bintang dua TNI Angkatan Darat atau Mayor Jenderal (Mayjen) TNI AD.

Lalu, siapa sosok Brigjen TNI Bobby Rinal Makmun yang saat ini dipercaya oleh Letjen TNI Maruli sebagai panglima pengendali prajurit Divisi Infanteri 1 Kostrad itu?

Kabar Duka TNI, Kolonel IG Agung Suryawijaya Meninggal Dunia

Dari data yang dihimpun VIVA Militer, Selasa, 17 Mei 2022, ternyata Brigjen TNI Bobby Rinal Makmun bukanlah orang baru di lingkungan Kostrad TNI Angkatan Darat.

Dia adalah prajurit TNI Angkatan Darat lulusan Abituren Akademi Militer (Akmil) tahun 1992. 

5 Negara Eropa yang Memiliki Kekuatan Militer Terkuat, Ada yang Masih Berperang

Dari segi jabatan, Jenderal TNI Angkatan Darat yang sebentar lagi resmi menyandang bintang dua itu tercatat pernah menduduki sejumlah jabatan penting di lingkungan Kostrad TNI Angkatan Darat.

Pada saat berpangkat Letnan Dua sampai Letnan Satu, pria kelahiran 28 Desember 1970 itu pernah menduduki jabatan penting, diantaranya Komandan Pleton (Danton) Yonif L-330 Kostrad, Danton III/A Yonif L-330 Kostrad, dan Danton I/B Yonif L-305 Kostrad.

Kemudian, ketika Kapten, dia juga pernah menjabat sebagai Dankipan A Yonif L-330 Kostrad hingga Danklas Susjurpa Pusdikif Kodiklat TNI AD.

Ketika berpangkat Mayor, karier militer Bobby pun terus meningkat. Dia pernah menjabat Gumil Gol VI Depstaf Pusdikif Kodiklat TNI AD, Dandenma Pusdikif Pussenif Kodiklat TNI AD, Pamen Pussenif Kodiklat TNI AD, dan terakhir diangkat sebagai Pabandyaren Srendam VI/Tanjungpura.

Karier militer pria yang pernah menempuh pendidika Air Borne pada tahun 1994 itu tidak berhenti sampai situ saja. Pada tahun 2009, ketika dirinya menyandang pangkat Letnan Kolonel (Letkol), dia pernah menjabat sebagai Komandan Batalyon Infanteri (Danyonif) Lintas Udara (Linud) 503/Mayangkara.

Satu tahun memimpin batalyon penerjun Kostrad, kemudian tahun 2010 dia dipercaya untuk memegang wilayah atau teritorial untuk menempati posisi Dandim 0814/Jombang Rem-082/Citra Panca Yudha Jaya. 

Setelah itu, dia kembali ke Jakarta untuk menempati jabatan penting di Brigif Linud 17/Kujang 1 Kostrad sebagai Kepala Staf atau Kasbrigif Linud 17/Kujang 1 Kostrad.

Kemudian, pada tahun 2012, Bobby Rinal kembali naik pangkat dari Letkol menjadi Kolonel. Pada saat itu dia langsung dipercaya untuk memegang komando di Brigif Linud 17 sebagai Danbrigif Linud 17/Kujang 1 Kostrad.

Setelah berkantor di Cijantung dan menjabat Danbrigif Linud 17/Kujang 1 Kostrad selama dua tahun, pada tahun 2014, Bobby kemudian dipercaya untuk menempati posisi baru di Kodam Jaya sebagai Asops Kasdam Jaya/Jayakarta.

Karier militer Bobby pun terus meroket. Setelah menjabat Asops Kasdam Jaya, pada tahun 2017 dia dilantik sebagai Asisten Perencanaan Kostrad (Asrena Kostrad).

Tak lama menjabat sebagai Asrena Kostrad, pada tahun 2018 dia kembali memegang komando teritorial sebagai Danrem 051/Wijayakarta yang berada di bawah komando Kodam Jaya/Jayakarta. Lalu, pada tahun 2019 dia ditarik ke Mabesad sebagai Pamen Denma Mabesad.

Tak lama setelah menjabat Pamen Denma Mabesad, Bobby pun pecah bintang. Masih di tahun yang sama, yaitu 2019, Bobby Rinal naik pangkat dari Kolonel Infanteri menjadi Jenderal Bintang Satu atau Brigadir Jenderal (Brigjen) TNI. 

Kenaikan pangkat itu pun juga diikuti dengan promosi jabatan terhadap Brigjen TNI Bobby Rinal Makmun. Dia kemudian diangkat sebagai Asops Kaskogabwilhan II sejak tahun 2019 sampai 2021.

Sekitar dua tahun bertugas di Kogabwilhan II, Brigjen Bobby lalu kembali ditarik ke Ibu Kota Jakarta dan menempati posisi barunya sebagai orang nomor dua di lingkungan Kodam Jaya sebagai Kasdam Jaya.

Nah, saat ini dia kembali mendapatkan promosi dan dipercaya oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman dan Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa untuk menggantikan posisi Mayjen TNI Dedy Kusmayadi sebagai Panglima Divisi Infanteri (Pangdivif) 1 Kostrad. Mayjen TNI Dedy digantikan karena sebentar lagi dia akan memasuki masa pensiun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya