Ratusan Siswa Seskoal Rangkul Masyarakat Pesisir di Ibu Kota Baru

VIVA Militer: Pasis Dikreg Seskoal ke-60 gelar Baksos di daerah penyangga IKN
Sumber :
  • Pasis Dikreg Seskoal

VIVA – Sekolah Komando Angkatan Laut (Seskoal) sejak 16 Mei 2022 lalu telah mengirim 184 Perwira Siswa (Pasis) Pendidikan Reguler (Dikreg) Angkatan ke-60 untuk melakukan kajian tentang pertahanan negara di sekitar wilayah Ibu Kota Baru, IKN.

Merinding, Isi Pesan Terakhir Raja Aibon ke Pasukan Tengkorak Sebelum Tinggalkan Kostrad TNI

Mereka dikirim melalui program Kuliah Kerja Dalam Negeri (KKDN) Tahun Akademik 2022. Dengan dibagi tiga komisi kajian di wilayah ALKI II yang meliputi Balikpapan, Tarakan, dan Pontianak.

Ketua Komisi B Balikpapan Mayor Laut (P) Taryono mengatakan, kegiatan KKDN Pasis Dikreg Seskoal Angkatan ke-60 hari ini sudah memasuki hari ketiga. Salah satu yang mereka lakukan hari ini adalah merangkul masyarakat pesisir di Balikpapan, tepatnya di Kelurahan Manggar dengan cara memberikan penyuluhan hukum agar para nelayan menghindari kegiatan fishing yang bersifat merusak biota laut dengan menggunakan bahan peledak. Hal itu dilakukan sebagai upaya untuk menciptakan kekuatan pertahanan rakyat semesta di wilayah pesisir Ibu Kota Baru,IKN.

2 Transgender Thailand Mencari Pembebasan dari Dinas Wajib Militer

"Melalui KKDN ini para Pasis Dikreg Seskoal Angkatan ke-60 diharapkan peka dan peduli terhadap potensi-potensi masyarakat maritim di daerah penyangga ibu kota baru yang dapat diberdayakan sebagai mata dan telinga dalam mendukung pertahanan di laut dengan memberikan informasi-informasi yang berguna bagi kepentingan pertahanan dan keamanan negara," kata Mayor Laut (P) Taryono dalam keterangan resmi yang diterima VIVA Militer, Rabu, 18 Mei 2022.

Selain itu, lanjutnya, ratusan Pasis Dikreg Seskoal Angkatan ke-60 itu juga melakukan penyuluhan dan promosi kesehatan didaerah pesisir agar masyarakat terhindar dari penyakit-penyakit menular yang dapat terjadi di daerah pesisir. 

Fakta-fakta Anggota TNI Tersambar Petir di Depan Mabes Cilangkap, 1 Meninggal Dunia

VIVA Militer: Pasis Dikreg Seskoal ke-60 gelar Baksos di daerah penyangga IKN

Photo :

Setelah melakukan penyuluhan, mereka kemudian memberikan bantuan alat keselamatan pelayaran berupa pelampung/jaket keselamatan kepada nelayan yang sedang melaksanakan aktivitasnya di pesisir pantai.

Upaya merangkul masyarakat pesisir di wilayah Balikpapan itu tidak hanya selesai sampai di situ saja. Pada kesempatan yang sama, ratusan Perwira Siswa (Pasis) Dikreg Seskoal-60 itu, bersama Dinas Kesehatan Lanal Balikpapan dan Dinas Kesehatan Kota Balikpapan  juga melaksanakan serbuan vaksinasi ke 1 dan 2, serta booster dengan berbagai jenis vaksin yang diperuntukkan bagi masyarakat pesisir yang selama ini belum mendapatkan vaksinasi karena kesibukannya melaut dan tidak dapat mendatangi tempat-tempat vaksin yang telah disediakan pemerintah. 

Bahkan, Para Pasis Dikreg Seskoal-60 juga melaksanakan pengecatan pagar besi di jembatan kampung warna-warni sepanjang 1 Km di daerah pesisir Teluk 1000, Manggar, Kalimantan Timur.

Untuk diketahui, kegiatan KKDN Tahun Akademik 2022 ini secara keseluruhan diikuti oleh 184 orang yang terdiri dari 164 orang Pasis TNI AL, 2 orang Pasis TNI AD, 2 orang Pasis TNI AU, 7 orang Pasis Polri dan 9 orang Pasis dari negara sahabat berasal dari Australia, Singapura, Malaysia, India, Pakistan, Jepang, Uni Emirat Arab, Bangladesh dan Korea Utara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya