KSAD Dudung: TNI AD Harus Menjadi Solusi di Tengah Kesulitan Rakyat

VIVA Militer: KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman menanam jagung di Kupang
Sumber :
  • Dispenad

VIVA – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman hari ini melakukan kunjungan kerja ke Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Kedatangan Jenderal Dudung di Kupang langsung disambut hangat Pangdam IX/Udayana Mayjen TNI Sonny Aprianto, Danrem 161/WS Brigjen TNI Iman Budiman, dan Gubernur NTT Victor Laiskodat, Kasdam IX/Udayana Brigjen TNI Harfendi, Danlanud El Tari Kupang, Danlantamal VII Kupang, Kajati NTT, Wakapolda NTT dan Kabinda NTT.

Tak lama setelah menginjakkan kaki di Bandara El Tari Kupang, orang nomor satu di lingkungan Matra Angkatan Darat itu disambut dengan Tarian Taebenu.

TNI Pasti Profesional Tangani Kasus Oknum Diduga Aniaya Anggota KKB Papua

Tarian Taebenu merupakan tarian kebahagiaan masyarakat pulau Rote yang biasa ditampilkan untuk penyambutan tamu adat. Ciri khas dari tarian tersebut  para penarinya menggunakan topi tialanga dari daun lontar.

Setelah itu, Kasad Dudung bersama sejumlah pejabat utama TNI Angkatan Darat dan Pemerintah Daerah NTT mendatangi masyarakat binaan Kodam IX/Udayana di Oel Ola, Desa Silu, Kabupaten Kupang untuk melaksanakan kegiatan penanaman jagung.

Israel Gempur RS Al-Shifa Gaza, 200 Warga Palestina Tewas

Dalam kesempatan itu, Jenderal TNI Dudung menyampaikan amanatnya kepada seluruh prajurit TNI Angkatan Darat agar tidak pernah bosan dalam mendampingi dan melakukan pembinaan kepada masyarakat di wilayah teritorial masing-masing.

"TNI AD di mana pun berada harus hadir di tengah-tengah kesulitan rakyat dan harus menjadi solusi," kata Jenderal TNI Dudung Abdurachman usai melakukan penanaman jagung di Desa Silu, Kabupaten Kupang, NTT, Rabu, 18 Mei 2022.

Untuk diketahui, penanaman jagung oleh Kasad tersebut merupakan salah satu bentuk perhatian TNI AD dalam melakukan pendampingan, baik teknis maupun dukungan sarana dan edukasi perawatan kepada masyarakat untuk kelancaran kegiatan pertanian, salah satunya membudidayakan jagung jenis Lamuru yang merupakan jagung komposit.

Pendampingan penanaman jagung tersebut diharapkan akan memberikan dampak yang signifikan terhadap kesejahteraan rakyat sehingga akan tumbuh kecintaan dan kasih sayang rakyat kepada TNI AD sesuai perintah harian Kasad kepada seluruh prajuritnya.

Setelah dilaksanakan penanaman secara simbolis, di lokasi itu akan dilakukan penanaman secara massal oleh masyarakat didampingi anggota TNI AD dari satuan setempat. Masyarakat akan melakukan perawatan jagung yang telah ditanam tersebut hingga saatnya panen nanti.

Dalam kesempatan itu, Kasiter Brigif 21/Komodo, Kapten Inf Donatus menjelaskan kepada Jenderal Dudung, bahwa kegiatan masyarakat pada musim kemarau, selain melaksanakan panen, jajarannya saat ini juga melaksanakan penyiapan untuk penanaman tahap kedua, yaitu penanaman jagung yang sekarang bisa dilakukan setelah ada program TNI manunggal air berupa pompa hidram yang mampu mengairi lahan pertanian. 

Jenderal Dudung dalam kesempatan itu juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada Pemerintah Daerah dan aparat terkait atas sinergitasnya dalam menyukseskan program pemerintah untuk membantu menyejahterakan masyarakat dan prajuritnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya