Jenderal Dudung Resmikan 2 Batalyon Baru untuk Perkuat TNI AD di NTT

VIVA Militer: KSAD Jenderal TNI Dudung melakukan pemeriksaan pasukan
Sumber :
  • Dispenad

VIVA – Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Dudung Abdurachman meresmikan dua satuan baru yang akan menjadi kekuatan TNI Angkatan Darat di Nusa Tenggara Timur (NTT). 

Samson, Pemberontak OPM yang Serang Markas Koramil di Papua Tobat dan Serahkan Diri ke Prajurit TNI

Dua satuan baru itu adalah Batalyon Artileri Pertahanan Udara 9/Angkasa Widya Jayanta (Yonarhanud 9/AWJ) dan Batalyon Artileri Medan 20/155 GS/Bhadika Yudha (Yonarmed 20/155 GS/BY). Kedua batalyon baru itu nantinya berada dibawah komando Kodam IX/Udayana.

Ketika meninjau langsung markas batalyon baru dan menemui prajurit TNI Angkatan Darat di NTT, KSAD Jenderal Dudung menyampaikan rasa terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang terlibat dalam proses pembangunan kedua batalyon tersebut. 

Uji Kesiapan Operasi, Prajurit Puspenerbal TNI AL Gelar Latihan Terbang Malam

Menurut Jenderal Dudung, membangun kekuatan batalyon TNI Angkatan Darat bukanlah pekerjaan yang mudah. Dibutuhkan kajian dan perencanaan yang matang untuk membentuk satuan batalyon baru di lingkungan TNI, mulai dari tahap perencanaan hingga selesai dan siap operasional serta diresmikan seperti sekarang ini.

“Syukur Alhamdulillah, berkat kerja keras kita semua, serta bantuan dan kerja sama berbagai pihak, kini Yon Armed 20/155 GS/BY dan Yon Arhanud 9/AWJ telah terwujud, dan siap operasional menjalankan Tupok (tugas pokok) dan fungsinya,” kata KSAD Jenderal TNI Dudung Abdurachman, Kamis, 19 Mei 2022.

Prabowo Subianto Minta Maaf Karena Nakal: Saya Minta Maaf ke Senior Karena Bikin Repot

Lebih jauh lagi orang nomor satu di Matra Angkatan Darat itu menuturkan, dengan mempertimbangkan perkembangan lingkungan strategis, serta ancaman aktual dan potensial yang ada terhadap NKRI, maka kekuatan pertahanan yang mampu melindungi wilayah negara Indonesia, mutlak diperlukan. 

VIVA Militer: KSAD Jenderal TNI Dudung resmikan 2 satuan batalyon baru di NTT

Photo :
  • Dispenad

Jenderal Dudung menegaskan, keberadaan kedua satuan baru ini sangat bernilai strategis. Selain untuk menjaga wilayah perbatasan Indonesia dengan Republik Demokratik Timor Leste (RDTL), keduanya juga diharapkan dapat membantu akselerasi pembangunan dan perekonomian wilayah setempat, serta menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada di masyarakat. 

“Keberadaan satuan tempur sangat dibutuhkan di wilayah NTT ini. Berkaitan dengan tugas masing-masing dari satuan baru ini, maka harus diawaki dengan personel dengan kinerja dan integritas pribadi yang tinggi, serta kemampuan koordinasi dan sinkronisasi yang baik,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Jenderal TNI Dudung juga berpesan secara khusus kepada kedua Komandan Batalyon yang akan memimpin dua satuan baru TNI AD itu, Kasad meminta Komandan Batalyon agar bertanggung jawab penuh terhadap anggota, memiliki target kinerja secara bertahap, bertingkat dan berlanjut, serta mampu mengembangkan inovasi dan kreativitas untuk mengatasi berbagai keterbatasan yang dihadapi, termasuk pemenuhan personel dan materiil satuan. 

Selain itu, Kasad juga mengucapkan selamat bertugas kepada seluruh prajurit di dua batalyon baru TNI AD tersebut.

“Para Danyon, manfaatkan amanah jabatan dan kepercayaan ini untuk selalu berbuat terbaik bagi satuan, TNI AD, serta masyarakat. Para prajurit Batalyon, kembangkan karakter dan kepribadian sapta marga, sehingga dapat menjadi contoh yang baik, dan bermanfaat bagi keluarga dan masyarakat,” kata Kasad Dudung Abdurachman.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya