Kolonel Rudy, Intel TNI yang Berhasil Raih Gelar Doktor Ilmu Ekonomi

VIVA Militer: Paban Utama BAIS TNI Kolonel Inf Rudy M. Ramdhan
VIVA Militer: Paban Utama BAIS TNI Kolonel Inf Rudy M. Ramdhan
Sumber :
  • Istimewa/Viva Militer

VIVA – Siapa bilang prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) hanya selalu berhubungan dengan senjata dan perang saja?

Kolonel Inf Rudy Mohamad Ramadhan, seorang prajurit TNI Angkatan Darat yang dibesarkan oleh Kostrad itu telah membuktikan, untuk menjadi seorang prajurit handal dan profesional, harus diimbangi dengan pengetahuan dalam dunia akademik. 

Pria berdarah Sunda lulusan Akademi Militer (Akmil) angkatan 1996 itu telah membuktikan berhasil memperoleh gelar doktor ilmu ekonomi dengan menyelesaikan desertasinya yang secara khusus membahas bagaimana memperkuat Sumber Daya Manusia (SDM) dan ekonomi nasional pada empat perusahaan Industri Pertahanan milik BUMN.

Sebab, dia meyakini bahwa pertahanan yang kuat harus dikuti dengan pondasi ekonomi yang kokoh guna menopang pertahanan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Iya, Kolonel Inf Rudy Ramdhan yang saat ini menduduki jabatan sebagai Paban Utama Badan Intelijen Strategis (BAIS) TNI itu pada hari Sabtu kemarin, 21 Mei 2022 secara resmi menyandang gelar doktor dari Universitas Trisakti. 

Perolehan gelar doktor bagi seorang prajurit TNI adalah sebuah prestasi yang luar biasa. Sebab, tidak mudah bagi seorang prajurit TNI yang saat ini aktif dan bertugas di Satuan, dapat melanjutkan pendidikan akademik-nya hingga Strata Tiga (S3).

Prestasi dunia akademik yang diperoleh Kolonel Rudy itu membuktikan bahwa TNI Angkatan Darat memiliki komitmen dalam membangun Sumber Daya Manusia (SDM) guna menciptakan prajurit profesional yang siap menghadapi berbagai ancaman di masa mendatang.