Letjen TNI Maruli Bertemu Jenderal Perang Australia, Ini yang Dibahas

VIVA Militer: Pangkostrad terima kunjungan Pangdiv 1 AD Australia
Sumber :
  • Penkostrad

VIVA – Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) Letjen TNI Maruli Simanjuntak hari ini menyambut kedatangan salah satu jenderal perang Australia, yaitu Panglima Divisi 1 Angkatan Darat Australia, Major General Scott Winter di Makostrad, Gambir, Jakarta Pusat.

Citra Satelit Tunjukkan Ribuan Tenda Dekat Khan Younis, Israel Bersiap Serang Rafah

Panglima Divisi 1 AD Australia, Major General Scott Winter tiba di Makostrad didampingi Waasintel Kasad Bidang Inteltek dan Hublu Brigjen TNI Budi Hariswanto, Peltu Michael Landy Komandan Resimen Sersan Mayor Divisi 1 AD Australia, Pelda Deane Rigney Asisten Atase Pertahanan Angkatan Darat Australia di Jakarta dan SS Ruby Hoye Spesialis Sinyal pada Jum'at pagi, 27 Mei 2022.

Rombongan Major General Scott Winter disambut hangat oleh Pangkostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak dan Kaskostrad Mayjen TNI Nur Rahmad, Irkostrad Mayjen TNI Dian Sundiana, Kapoksahli Pangkostrad dan para Asisten Kaskostrad.

Demi Warga, Perwira Pasukan Naga Hitam TNI Berjibaku Lawan Ular Raksasa di Semak Perbatasan Negara

Kedatangan Pangdiv 1 AD Australia dan rombongan diawali dengan penghormatan jaga dari Pos-1 dan hormat jajar dari Regu Jaga. Major General Scott Winter kemudian mengawali kunjungannya dengan meninjau  museum Darma Bhakti Kostrad untuk  melihat dari dekat sejarah Kostrad.

Dalam kesempatan tersebut, Pangkostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak menyampaikan ucapan selamat datang dan rasa bangga karena telah dikunjungi oleh Panglima Divisi 1 AD Australia, Major General Scott Winter beserta rombongan.

Mayjen TNI Anton Resmi Jabat Panglima Divisi Infanteri 2 Kostrad Gantikan Mayjen Haryanto

Pangkostrad menjelaskan bahwa Kostrad adalah bagian dari TNI Angkatan Darat, memiliki tugas yang sangat strategis antara lain menjaga keutuhan wilayah serta  kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia. 

Dalam melaksanakan tugas tersebut, kata Letjen TNI Maruli, Kostrad senantiasa berupaya meningkatkan profesionalitas keprajuritan melalui peningkatan program pendidikan dan latihan termasuk kerjasama dengan Angkatan Darat negara-negara sahabat.  Oleh karena itu, di masa yang akan datang Kostrad terus berupaya untuk meningkatkan kerjasama antara TNI AD dengan AD Australia.

Lebih jauh lagi, Pangkostrad mengharapkan agar penyelenggaraan kerja sama antara TNI Angkatan Darat dengan Angkatan Darat Australia, tidak hanya di bidang latihan dalam Operasi Militer Perang (OMP), tetapi juga Operasi Militer Selain Perang (OMSP) seperti penanganan penanggulangan bencana atau mengatasi kesulitan masyarakat. 

"Seperti saat ini TNI AD, khususnya Kostrad sedang mencanangkan Manunggal Air, sebuah program untuk membantu rakyat di daerah yang kesulitan air," kata Pangkostrad Letjen TNI Maruli Simanjuntak di hadapan Panglima Divisi 1 Australia dan rombongan.

Sementara itu, Panglima Divisi 1 AD Australia, Major General Scott Winter mengaku sangat terhormat dan bangga bisa berkunjung ke Markas Kostrad dan disambut dengan hangat oleh Pangkostrad beserta jajarannya di Makostrad. 

Pertemuan dua pimpinan Angkatan Darat negara sahabat itu kemudian ditutup dengan pertukaran plakat dan cenderamata, serta foto bersama di Ruang Yudha Makostrad.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya