KSAL Yudo Tinjau Langsung Pemusnahan Kokain Senilai 1,25 Triliun

VIVA Militer: KSAL tinjau langsung pemusnahan kokain senilai 1.25 Triliun
Sumber :
  • Dispenal

VIVA – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono meninjau langsung pemusnahan barang bukti 179 kilogram (Kg) narkoba jenis kokain yang diperkirakan bernilai 1,25 triliun di Lapangan Apel Komando Armada (Koarmada) I Jakarta, Jalan Gunung Sahari, Jakarta Pusat.

Basis OPM Paro Nduga Lumpuh Digempur TNI, 2 Anak Buah Egianus Kogoya Tertembak

Peninjauan orang nomor satu TNI AL ini untuk memastikan langsung 179 kg Kokain yang digagalkan penyelundupannya oleh Kapal Patroli TNI Angkatan Laut (TNI AL) KAL Sanghiang unsur kapal patroli Pangkalan TNI AL (Lanal) Banten jajaran Koarmada I saat melaksanakan patroli di perairan Selat Sunda pada Minggu, 8 Mei 2022 lalu.

Sebelumnya, Panglima Komando Armada (Pangkoarmada) RI Laksamana Madya TNI Agung Prasetiawan menggatakan, pemusnahan barang bukti kokain itu dilakukan setelah mendapatkan penetapan penyitaan dan pemusnahan dari Ketua Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat dengan Nomor: 450/PEN/PID/2022/PN.JKT.PST tanggal 19 Mei 2022. 

Sejarah Bakal Pecah, Besok Raja Aibon Kogila Serahkan Tongkat Komandan Pasukan Tengkorak Kostrad TNI

Kokain sebanyak 179 Kg itu dimusnahkan dengan cara dibakar menggunakan alat Incinerator yang terpasang pada tiga mobil dukungan dari Balai Besar POM Bandung dan Balai Besar POM Serang, disaksikan oleh BPOM Republik Indonesia, Pengadilan Tinggi DKI Jakarta, Kejaksaan Tinggi DKI Jakarta dan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

Dalam kesempatan itu, KSAL Laksamana TNI Yudo Margono memerintahkan jajarannya untuk semakin meningkatkan kewaspadaan dengan melaksanakan patroli-patroli secara rutin di tempat-tempat yang dicurigai adanya pelanggaran-pelanggaran baik pelanggaran kedaulatan maupun pelanggaran hukum di laut sesuai dengan kewenangan TNI Angkatan Laut. 

TNI Berduka, Letkol Marolop Meninggal Dunia 2 Hari Usai Serahkan Jabatan Komandan Kodim di Papua

"TNI AL berkomitmen untuk terus menegakkan hukum dan menjaga keamanan di wilayah laut Yurisdiksi Nasional termasuk terhadap segala bentuk penyelundupan dan tindakan-tindakan ilegal," kata KSAL Laksamana TNI Yudo Margono di Mako Koarmada I, Kamis, 2 Juni 2022.

Sebagaimana diberitakan VIVA Militer sebelumnya, Kapal Patroli TNI Angkatan Laut (TNI AL) KAL Sanghiang unsur kapal patroli Pangkalan TNI AL (Lanal) Banten jajaran Koarmada I pada hari Minggu, 8 Mei 2022 lalu telah menemukan benda mencurigakan 4 bungkus plastik yang mengapung diperairan Selat Sunda. 

Benda mencurigakan tersebut selanjutnya dikoordinasikan dengan pihak BNN Propinsi Banten dan diketahui bahwa barang tersebut merupakan Narkoba jenis kokain selanjutnya dilakukan pemeriksaan oleh BNN disaksikan pihak TNI Angkatan Laut didapatkan sejumlah 179 kg dengan asumsi harga menurut BNN Rp5-7 juta per gram, maka total nilai narkotika tersebut sekitar 1,25 triliun.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya