Pangdam Jaya Mayjen TNI Untung Kirim Pasukan Kuda Putih ke Papua

VIVA Militer: Pangdam Jaya Mayjen TNI Untung lepas Satgas Yonmek 203/AK ke Papua
Sumber :
  • Pendam Jaya

VIVA – Panglima Kodam Jaya/Jayakarta Mayor Jenderal (Mayjen) TNI Untung Budiharto telah memberangkatkan ratusan prajurit TNI Angkatan Darat dari satuan Batalyon Infanteri Mekanis 203/Arya Kemuning Brigif Mekanis 1 PIK/JS ke Papua. 

Kenang Jenderal Wismoyo, Prabowo: Ajaran Beliau Bawa Saya Sampai Mendapat Mandat Rakyat

450 prajurit TNI AD yang dikenal dengan julukan Batalyon Kuda Putih itu dilepas dengan upacara pemberangkatan yang digelar pada hari Minggu, 5 Juni 2022 kemarin di Lapangan Sewindu, Tangerang.

Prajrurit tempur TNI Angkatan Darat itu berangkat ke Papua dipimpin langsung Komandan Yonif Mekanis 203/AK Mayor Inf Ahmad Zaki.

Luar Biasa, Prajurit TNI Ini Rela Rugi Rp20 Juta Sebulan Demi Tolong Petani Singkong yang Menderita

Dalam kesempatan itu, Pangdam Jaya Mayjen TNI Untung Budiharto menyampaikan penghargaan yang sebesar-besarnya kepada seluruh personel Satgas Yonmek 203/AK yang mendapatkan kepercayaan untuk bertugas ke Papua selama satu tahun kedepan.

"Laksanakan tugas dengan penuh keikhlasan serta rangkulah, bagunlah komunikasi, dan rebut hati semua lapisan masyarakat Papua," kata Pangdam Jaya Mayjen TNI Untung Budiharto dalam keterangan resminya, Senin, 6 Juni 2022.

Penjahat Perang, Netanyahu Bakal Diringkus Dewan Keamanan Israel

Jenderal Bintang Dua TNI Angkatan Darat yang telah dibesarkan oleh Korps Baret Merah Kopassus itu mengingatkan kepada seluruh pasukan agar jangan pernah lengah dalam menjalani tugas di lapangan, serta hindari pelanggaran sekecil apapun yang dapat merugikan diri sendiri maupun satuan.

"Kerugian materil maupun personel diharapkan tidak terjadi di daerah operasi, yang pada umumnya disebabkan karena ketidak disiplinan prajurit," ujarnya.

"Tingkatkan jiwa korsa, soliditas dan kebersamaan, laksanakan setiap tugas dengan penuh rasa tanggung jawab agar tercapai tujuan yang kita harapkan. Hindari pelanggaran sekecil apapun dalam bertugas guna mendapatkan hasil yang optimal," tambahnya.

Usai memimpin upacara pelepasan, Pangdam Jaya langsung menghampiri seluruh prajurit dan berdiri di tengah-tengah pasukan seraya memberikan motivasi kepada seluruh anak buahnya itu.

“Kalian semua adalah prajurit terpilih, karena dari lahir kalian memang sudah terpilih, kalianlah adalah pemenangnya, karena kalian berhasil menjadi seorang prajurit dari ribuan orang yang mendaftar. Hari ini kalian diuji, apakah benar-benar orang terpilih dan mempunyai kualitas untuk memenangkan setiap pertempuran, oleh karenanya pertanggung jawabkan,” kata Mayjen TNI Untung.

Tidak hanya itu, Pangdam Jaya juga menegaskan kepada 450 prajurit Yonmek 203/Arya Kemuning yang menjalankan operasi di Papua agar kembali dengan selamat dengan jumlah pasukan yang sama. 

"Saya percayakan nama baik panji-panji Kodam Jaya. Saya minta seluruh personel mempunyai tanggung jawab, semangat, satu visi, kerjasama untuk berhasil demi kejayaan Kodam Jaya," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya