Berkhianat, Prajurit TNI Ini Ditangkap Intel di Basis OPM Papua

VIVA Militer: Asben Kurniawan Gagola
Sumber :

VIVA Militer - Seorang prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) telah diringkus, karena melakukan pengkhianatan dengan menyokong munisi bagi kelompok separatis bersenjata OPM Papua.

Israel Gempur RS Al-Shifa Gaza, 200 Warga Palestina Tewas

Dari informasi yang didapatkan VIVA Militer, prajurit TNI yang berkhianat itu bernama Praka Asben Kurniawan Gagola. Dia merupakan prajurit TNI organik dari Batalyon Infanteri 743/Pradnya Samapta Yudha, Komando Daerah Militer (Kodam) IX/Udayana.

Praka Asben melakukan pengkhianatan dengan menjual munisi kaliber 5,56 milimeter kepada jaringan kelompok teroris bersenjata OPM Papua di Kabupten Intanjaya.

29 Pati TNI Naik Pangkat Satu Tingkat Lebih Tinggi, Ini Daftar Namanya

Pengkhianatan itu terungkap setelah dilakukan penangkapan terhadap seorang anggota OPM Papua pelaku tindak kekerasan di Intanjaya. Lalu. Anggota OPM bernama Fabianus Sani itu ngoceh telah membeli 10 butir munisi kepada Praka Asben melalui perantara warga bernama John Sondegau.

10 butir munisi itu diserahkan Praka Asben dalam dua kali transaksi, masing-masing sebanyak 5 butir setiap kali transaksi. Sebutir munisi dijual seharga Rp200 ribu dan total Praka Asben mendapat uang Rp2 juta.

3 Jenderal Hantu Laut Pamit Tinggalkan Marinir, Salah Satunya Intelijen Kakap TNI

Praka Asben berada di Papua karena ditugaskan dalam Satuan Tugas Apter Kodim Persiapan Intan Jaya. Asben merupakan prajurit TNI Angkatan Darat kelahiran Talaut, Manado dengan nrp 31140286441094

Perlu diketahui, munisi yang dijual Praka Asben ke OPM Papua sangat berbahaya. Karena sudah pasti akan digunakan kelompok teroris itu untuk menebar teror dan menyerang aparat keamanan di Papua. Apalagi selama ini diketahui Intanjaya merupakan salah satu basis OPM. Saat ini dia telah ditahan dan akan diproses sesuai hukum yang berlaku.

Baca: Komandan Lembuswana TNI Diganti, Karier Mayor Akmil 2004 Melesat

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya