Ternyata Ada Penerbang Sipil yang Ikut Komcad Matra Udara

VIVA Militer: 500 Komcad Matra Udara siap dilatih di Pusdiklatpasgat TNI AU
Sumber :
  • Dispenau

VIVA – Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Udara saat ini tengah menggelar Latihan Dasar Kemiliteran (Latdasmil) terhadap 500 orang warga sipil yang mendaftarkan diri dalam Komponen Cadangan (Komcad) Matra Udara.

Kabar Bahagia TNI, Sarah Puspita Sah Dinikahi Sersan Polisi Militer Hantu Laut Marinir

500 orang Komcad Matra Udara itu rencananya akan menjalani pendidikan selama tiga bulan bersama para pelatih handal pasukan elite TNI Angkatan Udara, Kopasgat di Pusat Pendidikan dan Latihan Pasukan Gerak Cepat (Pusdiklatpasgat), Lanud Sulaiman, Margahayu, Bandung, Jawa Barat.

Kepala Dinas Penerangan Angkatan Udara (Kadispenau) Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah mengungkapkan, antusias masyarakat yang ikut serta dalam Komcad Matra Udara ternyata cukup tinggi. Hal itu dilihat dari jumlah masyarakat yang mendaftarkan diri di jajaran TNI Angkatan Udara yang mencapai 700 orang peserta. 

Penuh Bangga, Mayjen TNI Bangun Nawoko Sambut Kemenangan Prajuritnya dari Medan Laga

"Setelah dilakukan proses seleksi, ada 500 orang yang saat ini sedang melaksanakan pendidikan di Pusdiklatpasgat," kata Kadispenau Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah usai menghadiri acara Kasau Award di Puri Ardhya Garini, Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Kamis, 9 Juni 2022.

Menariknya lagi, kata Kadispenau, dari 500 peserta yang mendaftarkan diri ikut serta dalam Komcad Matra Udara tahun ini, ada penerbang dari masyarakat sipil yang sudah memiliki kemampuan menerbangkan pesawat ikut dalam pendidikan Komcad Matra Udara di Pusdik Pasgat.

Sergap Rumah Berisi Senjata Api, Pria Tegap Misterius di Sei Meranti Ternyata Intel TNI

"Menariknya kita matra udara, matra khusus, Alhamdulillah ada peserta yang profesinya sebagai penerbang. Itu yang menurut saya poin yang cukup bagus ya, bagaimana kita merekrut ide Komcad itu kemudian ada yang berprofesi penerbang," ujarnya.

Kendati demikian, Marsma TNI Indan tidak menjelaskan secara rinci identitas warga sipil yang memiliki skill atau kemampuan penerbang tersebut.

"Jadi ada 2 orang dia lulusan sekolah penerbang. Mereka sudah punya CPL (Commercial Pilot License), dan skill. Memang dia belum bekerja sebagai penerbang, tapi dia sudah punya CPL," katanya.

Sebagaimana diberitakan VIVA Militer sebelumnya, pendidikan dasar kemiliteran Komcad Pertahanan Negara Matra Udara telah dibuka secara resmi oleh Direktur Jenderal  Potensi Pertahanan (Dirjen Pothan) Kementerian Pertahan RI, Mayjen TNI Dadang Hendrayudha dengan ditandai penyematan tanda peserta latihan di lapangan upacara "Jingga" Kopasgat Bandung, pada hari Senin, 30 Mei 2022 lalu.

Berbagai materi dan latihan dasar militer pun telah disiapkan secara khusus untuk para Komcad yang nantinya akan memperkuat pertahanan negara dari unsur matra udara tersebut.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya