Menteri KKP Wahyu Trenggono Dapat Brevet Kehormatan Pushidrosal TNI AL

VIVA Militer: Kasal sematkan Brevet Kehormatan Pushidrosal ke Menteri KKP
Sumber :
  • Dispenal

VIVA – Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono memberikan Brevet Kehormatan Hidro-Oseanografi Angkatan Laut (Pushidrosal) kepada Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Wahyu Sakti Trenggono.

Prada Ardiansyah, Prajurit TNI yang Tersambar Petir Meninggal Dunia

Penyematan Brevet Kehormatan Pushidrosal itu dilakukan Laksamana Yudo Margono di atas KRI Rigel-933 sebelum kapal survey TNI Angkatan Laut itu bertolak dari Dermaga Kolinlamil Jakarta Utara menuju Laut Banda guna melakukan survey atau ekspedisi Jala Citra 2 Banda Tahun 2022.

Kasal mengatakan, penyematan Brevet Kehormatan Pushidrosal TNI Angkatan Laut kepada Menteri KKP RI Wahyu Sakti Trenggono diberikan sebagai bentuk penghargaan atas dukungan dan peran Kementerian KKP RI dalam turut memajukan dan mengembangkan Pushidrosal serta berkontribusi besar dalam mewujudkan kerjasama di bidang Hidro-Oseanografi secara nasional dan internasional.

Citra Satelit Tunjukkan Ribuan Tenda Dekat Khan Younis, Israel Bersiap Serang Rafah

"Kenapa saya berikan (Brevet Kehormatan Pushidrosal) kepada beliau atas pertimbangan, beliau telah memberiksan support dan memberikan kemajuan kepada hidro-oseanografi TNI AL, terutama dalam kerja sama yang erat dan harmonis di bidang kemaritiman, khususnya kerja sama dalam penataan ruang laut, di antaranya dalam pengaturan dan pemasangan kabel dan pipa bawah laut yang sesuai korido, sebagaimana ditetapkan dalam Kepmen KP Nomor 14/2021 tentang Alur Pipa dan/atau Kabel Bawah Laut," kata Laksamana TNI Yudo Margono di Dermaga Kolinlamil, Jakarta Utara, Kamis, 16 Juni 2022.

Dia menambahkan, TNI Angkatan Laut dan Kementerian KKP selama ini telah berkolaborasi dalam melakukan penelitian di berbagai bidang yang mencakup data kelautan hingga pembangunan wilayah pesisir dengan tujuan untuk menjaga kelestarian ekosistem laut tetap terjaga dan menjadi lebih tertata.

Demi Warga, Perwira Pasukan Naga Hitam TNI Berjibaku Lawan Ular Raksasa di Semak Perbatasan Negara

Sementara itu, Menteri KKP RI Wahyu Sakti Trenggono menyampaikan ucapan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya atas pemberian Brevet Kehormatan Pushidrosal yang diberikan Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono kepada dirinya.

"Suatu kebanggan bagi saya menerima brevet kehormatan ini. Peta tentang kelautan dan oseanografi adalah hal yang esensial. Pushidrosal adalah mitra kerja KKP. Maka dari itu, kita akan dukung penuh apa yang dilakukan Pushidrosal," kata Menteri Trenggono usai acara penyerahan brevet.

Untuk diketahui, sejumlah Pati TNI Angkatan Laut turut hadir dalam acara penyematan Brevet Kehormatan Pushidrosal kepada Menteri KKP RI, sekaligus pelepasan Tim Ekspedisi Jala Citra 2 Banda yang dilakukan di Dermaga Kolinlamil tersebut. Diantaranya, Wakasal Laksdya TNI Ahmadi Heri Purwono, Komandan Pushidrosal TNI AL, Laksamana Madya TNI Nurhidayat selaku Chief Hidrografer Indonesia, Panglima Koarmada RI Laksda TNI Abdul Rasyid Kacong, Panglima Koarmada I Laksda TNI Arsyad Abdullah, dan Kadispenal Laksma TNI Julius Widjojono.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya