Ada 2 Pilot TNI AU di Balik Evakuasi 7 Penumpang Susi Air di Papua

VIVA Militer: Prajurit TNI AU dan Tim SAR evakuasi penumpang pesawat Susi Air
Sumber :
  • Dispenau

VIVA – Sebuah Pesawat Susi Air bernomor PKK BVM mengalami kecelakaan di Timika, Papua pada hari Kamis, 23 Juni 2022 kemarin. 

Prada Ardiansyah, Prajurit TNI yang Tersambar Petir Meninggal Dunia

Pesawat yang membawa 7 (tujuh) orang penumpang itu take off dari Bandara Timika menuju Duma pada pukul 06.14 waktu setempat. Namun, ditengah perjalanan pesawat Susi Air itu mengalami crash dan jatuh. 

Mendapatkan kabar kecelakaan yang dialami oleh pesawat Susi Air tersebut, TNI Angkatan Udara pun bergerak cepat mendukung operasi penyelamatan yang dilakukan oleh Tim SAR Gabungan. 

Citra Satelit Tunjukkan Ribuan Tenda Dekat Khan Younis, Israel Bersiap Serang Rafah

Helikopter EC-725 Caracal dari Skadron Udara 8 Wing 4 Lanud Atang Sendjaya pun diberangkatkan guna melakukan evakuasi para penumpang Susi Air yang jatuh di wilayah Duma, Papua.

Syukurnya, kabar baik datang dari proses evakuasi tersebut. 7 orang penumpang pesawat nahas itu selamat dan berhasil dievakuasi menggunakan Helikopter Caracal milik TNI Angkatan Udara.

Demi Warga, Perwira Pasukan Naga Hitam TNI Berjibaku Lawan Ular Raksasa di Semak Perbatasan Negara

Nah, tahu kah anda, siapa yang berhasil menerbangkan Helikopter Caracal dalam proses evakuasi itu?

Dilansir VIVA Militer dari keterangan resmi Dinas Penerangan TNI Angkatan Udara (Dispenau), Jum’at, 24 Juni 2022, Helikopter EC-725 Caracal itu diterbangkan oleh dua prajurit handal TNI Angkatan Udara. Dia adalah Mayor Pnb Adam dan Lettu Pnb Taufiq. 

Mayor Pnb Adam dan Lettu Pnb Taufiq terbang atau take Off dari Bandara Mozez Kilangin, Timika pada pukul 11.16 WIT menuju sasaran.

Dalam operasi evakuasi tersebut, kedua pilot prajurit TNI Angkatan Udara itu membawa 3 orang Tim Basarnas dan 2 orang personel Kopasgat TNI AU.

Aksi Mayor Pnb Adam dan Lettu Pnb Taufiq pun patut diacungi jempol. Mereka berhasil menemukan titik jatuhnya pesawat Susi Air yang diterbangkan Capt Dayle Peter pada kordinat 04°02'54.00"S/136°43'06.00"E.

Dua penerbang TNI AU itu pun langsung bergegas mencari lokasi pendaratan di tengah hutan belantara untuk mengevakuasi Pesawat PC-06 PK-BVM tujuan Timika-Duma yang membawa 7 orang (termasuk pilot) itu.

"Setelah melakukan evakuasi, Helikopter Caracal HT-7202 kembali menuju Bandara Mozez Kilangin Timika dan mendarat dengan aman pada pukul 12.05 WIT. Seluruh penumpang PK-BVM dalam kondisi selamat," kata Kadispenau Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah dalam keterangan resminya.

Untuk diketahui, proses evakuasi pesawat Susi Air PK BVM yang mengalami kecelakaan dan ditemukan di 3 Nm utara dari runway Duma (radial 330 30 Nm dari Timika) itu melibatkan sejumlah stakeholder, diantaranya adalah tim SAR Timika, Polsek KP3 U Bandara Timika, Lanud Yohanes Kapiyau dan pihak maskapai Susi Air.


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya