Ini Spesifikasi Helikopter Militer CH35 yang Dinaiki Jokowi di Jerman

VIVA Militer: Presiden Jokowi naik Helikopter Militer Sikorsky CH-35 di Jerman
Sumber :
  • Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden

VIVA – Presiden RI Joko Widodo atau Jokowi hari ini akan menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G7 ke-48 yang akan digelar di Schloss Elmau, Pegunungan Alpen Bavaria, Jerman. 

Jenderal Ali: Era Amerika dan Israel Sudah Habis!

Ada penampakan yang unik ketika Presiden Jokowi tiba di Jerman dan akan hendak bertolak ke lokasi gelaran KTT G7 ke-48 di Pegunungan Alpen Bavaria. 

Dilansir VIVA Militer dari keterangan resmi Biro Pers Kepresidenan RI, Jokowi tampak menaiki Helikopter Militer tipe Sikorsky CH-53 bersama Perdana Menteri (PM) India, Narendra Modi.

Sahroni Ungkap Perbincangan Surya Paloh dengan Jokowi saat Hadiri Pernikahan Anak Bamsoet

Dalam kunjungan Kenegaraannya tersebut, Presiden Jokowi juga dijadwalkan akan mengadakan pertemuan bilateral dengan sejumlah pemimpin negara yaitu Kanselir Jerman, Presiden Prancis, Perdana Menteri India, Presiden Senegal, dan Perdana Menteri Kanada.

"Setelah seluruh rangkaian KTT G7 selesai, Presiden Jokowi kemudian akan kembali ke Munich dengan menggunakan helikopter yang sama," dikutip dari Biro Pers, Media dan Informasi Sekretariat Presiden, Senin, 27 Juni 2022.

Presiden dan Wakil Presiden Hadiri Pernikahan Putra Direktur Hukum LPS dengan Putri Ketua MPR

Dalam kesempatan kali ini, VIVA Militer akan mengajak para pembaca untuk mencari tahu bagaimana spesifikasi helikopter militer yang ditumpangi oleh Presiden Jokowi di Jerman itu.

Untuk diketahui, pesawat Helikopter Sikorsky CH-35 yang ditumpangi oleh Jokowi di Jerman bukanlah pesawat militer sembarangan.

Helikopter buatan Amerika Serikat (AS) ini merupakan helikopter militer yang sebenarnya dirancang secara khusus untuk mendukung kekuatan Marinir Amerika Serikat. 

Namun dalam perjalanannya, helikopter pengangkut berat ini digunakan oleh sejumlah negara-negara maju sebagai salah satu kekuatan tempur militernya. Berapa negara yang memiliki Helikopter Sikorsky CH-35 adalah Jerman, Iran, Israel, dan Mexico.

Helikopter militer ini memiliki kapasitas angkut pasukan hingga 38 personel tentara. Dengan panjang hampir 27 meter, diameter rotor 22,1 meter, dan tinggi 7.6 meter itu, helikopter militer Sikorsky CH-35 memiliki kecepatan maksimum 170 Knot dan Radius Tempur hingga 100 mil (160 Km).

Adapun persenjataan yang dimiliki, umumnya Helikopter CH-35 ini diperkuat dengan senjata mesin 50 BMG GAU-15 yang terpasang di kedua pintu sampingnya.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya