Jabat Dankopasgat, Marsma TNI Taspin Resmi Naik Pangkat Bintang Dua

VIVA Militer: Dankopasgat Marsda TNI Taspin Hasan resm naik pangkat Bintang dua
Sumber :
  • Penkopasgat

VIVA – Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menunjuk Marsekal Pertama (Marsma) TNI Taspin Hasan untuk memimpin pasukan elite TNI Angkatan Udara, Komando Pasukan Gerak Cepat (Kopasgat). 

Melesat Jadi Pangdam, Mayjen TNI Haryanto Serahkan Jabatan Panglima Divif 2 Kostrad ke Sohibnya

Pada hari Selasa, 28 Juni 2022 kemarin, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa menerima Laporan Korps Kenaikan Pangkat dari Komandan Upacara Pangkoarmada RI Laksdya TNI Abdul Rasyid Kacong di Mabes TNI, Cilangkap, Jakarta Timur. 

Dilansir VIVA Militer dari keterangan resmi Penkopasgat, Rabu, 29 Juni 2022, terdapat 32 Perwira Tinggi (Pati) TNI yang naik pangkat satu tingkat lebih tinggi. Salah satu Pati TNI yang naik pangkat satu tingkat lebih tinggi adalah Marsma TNI Taspin Hasan. Kini, dia resmi menyandang pangkat jenderal bintang dua atau Marsekal Muda (Marsda) TNI.

Hadiri Forum Internasional di China, KSAL Tegaskan Pentingnya Jaga Keamanan Maritim di Kawasan

Dalam kesempatan itu, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa mengucapkan selamat atas kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi kepada 32 Pati TNI tersebut.

"Promosi jabatan dan kenaikan pangkat yang didapatkan saat ini, harus dapat dipertanggungjawabkan secara profesional, moral dan etika. Karena kenaikan pangkat merupakan kepercayaan dan amanah dari Tuhan Yang Maha Esa dan nantinya juga harus dipertanggung jawabkan kepada Tuhan, atas apa yang dilakukan maupun yang tidak dilakukan. Tidak boleh ada yang main-main dengan pangkat bintang, yang saat ini para perwira bersandang Pati," kata Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa.

TNI AL Bekuk Penyelundup Kristal Haram dari Malaysia Senilai 19 Miliar di Pulau Siondo

Untuk diketahui, Marsda TNI Taspin Hasan menjabat Dankopasgat sejak 30 Mei 2022 lalu menggantikan Marsda TNI Eris Widodo Yuliastono yang saat ini menjabat Pati Mabes TNI Angkatan Udara karena memasuki masa purna dari kedinasan militer

Taspin Hasan bukanlah orang baru di lingkungan pasukan elite TNI Angkatan Udara. Dia pernah menduduki sejumlah jabatan strategis di Korps Baret Jingga tersebut. Pada tahun 2002 dia pernah memimpin atau menjabat Komandan Batalyon Komando (Danyonko) 466 Kopasgat. Kemudian di tahun 2005, dia dipercaya kembali menjabat Danyonko 464 Kopasgat.

Selain itu, dia pernah menjabat sebagai Asisten Perencanaan Kopasgat yang dulu dikenal dengan Korpaskhas pada tahun 2010-2012. Lalu, pada tahun 2012 dia langsung mendapatkan promosi jabatan sebagai Komandan Wing (Danwing) I Kopasgat. 

Tidak sampai di situ saja, pria lulusan Akademi Angkatan Udara (AAU) tahun 1989 itu juga pernah menjabat sebagai Kepala Staf Garnisun Tetap II Bandung pada tahun 2017-2018, dan terakhir dia menjabat sebagai Wakil Komandan Kopasgat sejak tahun 2018 silam.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya