Anak Tukang Service Jam Berhasil Raih Lulusan Terbaik Akademi TNI AL

VIVA Militer: Sermatutar (S) Rahil Rahma Vinia
Sumber :
  • Dispenal

VIVA – "Usaha tidak pernah menghianati hasil" kutipan itu mungkin yang tepat disandingkan untuk Taruna Remaja Akademi Angkatan Laut (AAL) Sermatutar (S) Rahil Rahma Vinia.

Korban Penembakan OPM Dievakuasi dari Homeyo ke Timika

Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono pada hari Sabtu, 25 Juni 2022 lalu secara resmi menghadiri upacara Penutupan Pendidikan Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan 67 di Surabaya, Jawa Timur. Diantara ratusan Taruna dan Taruni yang lulus pendidikan AAL ke-67 itu, ada seorang wanita muda yang cukup menarik perhatian. Dia adalah Sermatutar (S) Rahil Rahma Vinia. 

Rahma Vinia adalah seorang Taruna Remaja Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan 67 yang berhasil lulus dan meraih penghargaan Adhi Prasta Suplai atas kerja kerasnya selama empat tahun menempuh pendidikan di Akademi Angkatan Laut (AAL) di Surabaya, Jawa Timur. 

TNI-Polri Evakuasi Jenazah Warga Korban Penembakan OPM di Papua

Rahil Rahma Vinia adalah salah satu anak muda yang patut diacungi jempol. Dengan memiliki latar belakang ekonomi kurang mampu, tapi dia berhasil membuktikan kepada seluruh pemuda-pemudi Indonesia bahwa kekuatan uang atau ekonomi bukanlah segalanya untuk mengejar impian.

Iya, wanita cantik asal Padang, Sumatera Barat itu pada hari Sabtu, 25 Juni 2022 lalu telah berhasil membuat orangtua-nya yang berprofesi sebagai tukang service jam dan keluarga besarnya di kampung halaman merasa bangga.  

Modal Senyum, Pasukan Walet Hitam TNI Berhasil Buka Jalan yang Diblokade Massa Caleg Gagal Papua

Dia betul-betul berhasil membuktikan bahwa ketidakmampuan secara ekonomi dan hidup serba keterbatasan yang dimiliki oleh kedua orangtuanya bukanlah menjadi penghalang untuk mewujudkan impiannya menjadi seorang prajurit TNI Angkatan Laut.

Sermatutar Rahma mengaku, awalnya dirinya merasa kurang percaya diri untuk mengikuti tes masuk Akademi Angkatan Laut (AAL) yang harus bersaing dengan ribuan orang yang ingin menjadi Taruna Angkatan Laut. 

Ketidakpercayaan diri Rahma bukanlah tidak berdasar. Dia mengaku bahwa opini di masyarakat luar untuk menjadi prajurit TNI Angkatan Laut harus memiliki modal yang sangat kuat, terutama modal ekonomi, pengetahuan, serta modal fisik. 

VIVA Militer: Kasal berikan Penghargaan ke Rahil Rahma Vinia

Photo :
  • Dispenal

Opini itu tidak membuat Rahma Vinia merasa gentar. Sejak lulus SLTA, dia pun bertekad ingin tetap mengikuti tes Akademi Angkatan Laut (AAL). 

"Pada saat melaksanakan tes kami sempat merasakan kurang percaya diri, karena secara pribadi kami merasakan bahwa memiliki banyak kekurangan mungkin dari segi fisik, ekonomi, dan lain sebagainya," kata Sermatutar (S) Rahil Rahma Vinia dilansir VIVA Militer dari keterangan resmi Dispenal, Rabu, 29 Juni 2022.

Ayahnya yang berprofesi sebagai tukang service jam dan ibunya yang hanya berprofesi sebagai Ibu Rumah Tangga ternyata menjadi pecutan semangat bagi Rahma Vinia untuk bertekad dan bersungguh-sungguh mewujudkan impiannya selama ini. Dia berhasil membalikkan kepercayaan dirinya setelah diterima tes pendidikan di Akademi Angkatan Laut. 

Empat tahun ditempa di Akademi Militer Angkatan Laut bukanlah hal yang mudah bagi seorang wanita seperti Rahil Rahma Vinia. Dia harus digembleng dalam waktu yang cukup panjang dan bersa ing dengan ratusan Taruna Muda lainnya. 

Rahil Rahma pun berhasil menunjukkan kepada seluruh pesaingnya, dia tidak hanya berhasil menjadi Taruna Angkatan Laut, tapi dia berhasil menjadi lulusan terbaik Akademi Angkatan Laut (AAL) Angkatan 67 dan meraih Penghargaan Adhi Prasta Suplai atas kerja kerasnya yang ditempuh selama empat tahun di sekolah Akademi Angkatan Laut. 

"Tapi yakin dan percaya dengan tekad, kemampuan, semangat dan usaha, yakin dan percayalah Tuhan itu tidak tidur, pasti selalu melihat usaha umat-Nya sejauh mana dia berusaha. Seperti kami sekarang, atas  usaha dan dukungan orang tua, juga doa selalu memohon kepada Yang Maha Kuasa, alhamdulillah kami bisa berdiri seperti saat sekarang ini," ujarnya.

"Untuk rekan-rekan yang di luar sana yang merasa kurang percaya diri, latarbelakangnya mungkin kekurangan ekonomi, seperti kami sendiri, kami merupakan keluarga yang kurang mampu, orangtua sebagai service jam, alhamdulillah kami berhasil menjadi Taruna Akademi Angkatan Laut tanpa dipungut biaya. yang kami unggulkan yaitu, fisik, kemampuan, maupun kesehatan," pesan Rahma kepada anak-anak muda Indonesia.

Karena semangat dan kerja kerasnya, kini Rahil Rahma Vinia berhasil menjadi prajurit Korps Wanita Angkatan Laut (Kowal) yang akan memperkuat TNI Angkatan Laut dalam menjaga pertahanan dan kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya