TNI AL Akan Perkuat Pangkalan di Balikpapan Demi IKN Nusantara

VIVA Militer: Kasal Yudo Margono tinjau lokasi pembangunan Lantamal Balikpapan
Sumber :
  • Dispenal

VIVA – Rencana pemerintah memindahkan Ibu Kota dari DKI Jakarta ke Kalimantan Timur menjadi perhatian khusus bagi Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Laut.

Irjen Agung Setya Kerahkan 12.092 Personel Gabungan Amankan Mudik Lebaran 2024 di Sumut

TNI Angkatan Laut dalam waktu dekat ini berencana akan memperkuat kekuatan dengan cara melakukan perubahan yang semula Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) menjadi Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) di Balikpapan.

Rencana penguatan pangkalan itu dibuktikan dengan kedatangan Kepala Staf Angkatan Laut (KSAL) Laksamana TNI Yudo Margono bersama sang istri, Vero Yudo Margono dan sejumlah pejabat utama Mabesal pada hari Rabu, 29 Juni 2022 kemarin ke Balikpapan.

4 Pria Terkapar Babak Belur di Depan Polres Jakpus, 14 Anggota TNI Diperiksa

Dalam kunjungan tersebut, Kasal Laksamana TNI Yudo Margono sempat meninjau lahan yang telah dihibahkan oleh Pemerintah Daerah Balikpapan untuk pembangunan Lantamal dan sejumlah fasilitas pendukung bagi prajurit TNI Angkatan Laut di Kalimantan Timur.

Laksamana Yudo mengatakan, TNI Angkatan Laut akan terus memperbaiki dan mengembangkan fasilitas pangkalan dan membangun kekuatan untuk menjawab tantangan tugas kedepan yang semakin kompleks.

TNI Pasti Profesional Tangani Kasus Oknum Diduga Aniaya Anggota KKB Papua

"Pembangunan tersebut akan masuk dalam perencanaan tahun 2023," kata Kasal Laksamana TNI Yudo Margono dalam keterangan resmi yang diterima VIVA Militer, Kamis, 30 Juni 2022.

Menurut Kasal, rencana pembangunan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Lantamal) tersebut sesuai dengan pertimbangan strategis bahwa fungsi Lantamal di Balikpapan nantinya sebagai pengamanan calon Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

Sebagaimana diketahui, sejak menjabat sebagai Kasal, Yudo Margono sangat konsen terhadap pembangunan berbagai fasilitas untuk menyediakan sarana dan prasarana yang memadai dan lebih baik yang dibutuhkan oleh prajurit dan operasional organisasi di seluruh jajaran TNI Angkatan Laut baik berupa fasilitas pangkalan, pendidikan, latihan, olahraga, perkantoran, hunian, kesehatan maupun fasilitas lainnya. 

Untuk diketahui pula, Yudo Margono datang ke Balikpapan didampingi sejumlah pejabat strategis di lingkungan Mabesal. Diantaranya, Asisten Perencanaan TNI Angkatan Laut (Asrena) Kasal Laksda TNI Iwan Isnurwanto, Aslog Kasal Laksda TNI Puguh Santoso dan Kadisfaslanal Laksma TNI Agus Santoso. 

Kedatangan Kasal dan rombongan di Balikpapan disambut oleh Pangkoarmada II Laksda TNI T.S.N.B. Hutabarat dan Danlantamal XIII Tarakan Laksma TNI Fauzi, serta Danlanal Balikpapan Kolonel Laut (P) Rasyid Al Hafiz.

Selain meninjau sejumlah lahan yang akan memperkuat Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut, dalam kesempatan itu Ketua Umum Jalasenastri Nyonya Vero Yudo Margono juga sempat bertemu dengan Pengurus dan Anggota Cabang 3 Korcab XIII DJA II untuk melakukan bakti sosial menyerahkan tali asih kepada anak berkebutuhan khusus serta Warakawuri Lanal Balikpapan, yaitu Bima Juan Christian anak dari prajurit TNI Angkatan Laut Serka B.S. Wenji, Luthfia Bidayatul Hidayah anak dari prajurit TNI Angkatan Laut Serda Fathur Rozikin, sedangkan Warakawuri yakni Ramlani Nompo yang merupakan istri dari Alm. Serka Sumarno.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya