Helikopter TNI AU Tembus Pegunungan Bintang Evakuasi Jenazah Beryl

VIVA Militer: Helikopter Caracal TNI AU.
VIVA Militer: Helikopter Caracal TNI AU.
Sumber :
  • TNI AU

VIVA – Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Udara hari ini menerjunkan Helikopter Caracal untuk mengevakuasi prajurit TNI Angkatan Darat Prada Beryl Kholif Al Rahman yang tewas karena ditembak oleh Kelompok Separatis Teroris (KST) Organisasi Papua Merdeka (OPM) di Distrik Kiwirok, Pegunungan Bintang, Papua.

Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Kav Herman Taryaman mengatakan, jenazah almarhum Prada Beryl Kholif Al Rahman prajurit Satgas 431/SSP/3/Kostrad siang tadi telah berhasil dievakuasi keluar dari Pegunungan Bintang Papua ke Base Ops Lanud Silas Papare, Jl. Yabaso, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura.

"Setibanya di Base Ops Lanud Silas Papare, Jl. Yabaso, Distrik Sentani, Kabupaten Jayapura, pada pukul 14.32 WIT, jenazah Alm Prada Beryl Kholif Al Rohman langsung dibawa menggunkaan mobil Ambulance menuju RS. Marthen Indey Jayapura," kata Kapendam XVII/Cenderawasih Letkol Kav. Herman Taryaman dalam keterangan resmi yang diterima VIVA Militer, Kamis, 30 Juni 2022.

Kapendam Cenderawasih menambahkan, rencananya jenazah almarhum Prada Beryl akan diterbangkan ke Surabaya pada tanggal 1 Juli 2022 untuk dimakamkan di kampung halamannya di Kediri, Jawa Timur.

"Jenazah Alm Prada Beryl Kholif Al Rohman akan dibawa menuju Surabaya pada tanggal 1 Juli 2022, pukul 13.20 WIT  menggunakan pesawat Batik Air dan selanjutnya setibanya di Surabaya akan diberangkatkan menuju kampung halamannnya di Kediri, Jawa Timur," ujarnya.

Sebagaimana diberitakan VIVA Militer sebelumnya, Prajurit TNI Angkatan Darat yang bertugas di Pos Ramil Kiwirok Satgas Kodim Yonif PR 431/SSP yang berlokasi di Distrik Kiwirok, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua pada hari Rabu, 29 Juni 2022 kemarin diserang oleh kelompok bersenjata OPM Papua.

Dalam serangan tersebut, seorang prajurit TNI Angkatan Darat yang bernama Prada Beryl Kholif Al Rohman terkena tembakan pada bagian paha yang mengakibatkan kehabisan darah dan meninggal dunia.