Komandan Batalyon Tempur 754 Kostrad Penjaga Wilayah Papua Diganti

VIVA Militer: Letkol Inf Sriyono dilantik jadi Danyonif Raider 754/ENK Kostrad
VIVA Militer: Letkol Inf Sriyono dilantik jadi Danyonif Raider 754/ENK Kostrad
Sumber :
  • Penkostrad

VIVA – Pucuk pimpinan Batalyon Infanteri Raider (Yonif) R 754/Eme Nema Kangasi (ENK) mengalami pergantian. Letkol Inf Suryono kini resmi menjadi Danyonif Raider 754/ENK menggantikan Danyonif sebelumnya, Letkol Inf Doni Firmansyah.

Pergantian pucuk pimpinan pasukan tempur Kostrad yang bermarkas di Mimika, Papua itu dilakukan melalui Upacara Serah Terima Jabatan (Sertijab) yang dipimpin langsung oleh Komandan Brigade Infanteri Raider 20/IJK/3 Kostrad Letkol Inf Ahmad Daud Harahap di Lapangan Upacara Satuan Yonif Raider 754/ENK/20/3 Kostrad pada hari Sabtu, 2 Juli 2022 lalu.

Untuk diketahui, Batalyon Raider 754/ENK ini merupakan batalyon pemukul Kostrad TNI Angkatan Darat yang berada dibawah komando Divisi 3 Kostrad. 

Yonif Raider 754/ENM adalah satuan pemukul Kostrad yang sengaja dibentuk untuk menjaga keamanan di wilayah Timur Indonesia. Karena salah satu wilayah tugas operasinya adalah menjaga Objek Vital Nasional, PT Freeport Indonesia yang berada di kawasan Timika, Papua.

Komandan Brigade Infanteri Raider 20/IJK/3 Kostrad Letkol Inf Ahmad Daud Harahap dalam upacara Sertijab yang dihadiri oleh seluruh pasukan pemukul Yonif 754/ENK dan unsur Forkopimpda Mimika, Papua menyampaikan, TNI Angkatan Darat sebagai organisasi yang dinamis akan sering melaksanakan rotasi jabatan. 

"Hal ini bertujuan untuk terlaksannya Pembinaan Karier dan jabatan yang ada di satuan TNI AD," kata Danbrigif Raider 20/IJK/3 Kostrad Letkol Inf Ahmad Daud dalam keterangan resmi yang diterima VIVA Militer, Senin, 4 Juli 2022. 

Dalam kesempatan itu, Letkol Inf Ahmad Daud juga mengucapkan terimakasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Letkol Inf Doni Firmansah atas kerja keras, prestasi dan dedikasi selama menjabat sebagai Danyonif Raider 754/ENK/20/3 Kostrad.