Kisah Serda Amin Babinsa TNI yang Bekuk Curanmor dengan Tangan Kosong

VIVA Militer: Babinsa TNI AD berhasil bekuk kawanan curanmor di Subang
Sumber :
  • Pendam III/Siliwangi

VIVA – Aksi heroik kembali dilakukan oleh seorang personel Babinsa TNI AD yang bertugas di Koramil 0512/Cijambe, Kodim 0605/Subang. Dia adalah Serda Amin Rohmana. 

Luar Biasa, Prajurit TNI Ini Rela Rugi Rp20 Juta Sebulan Demi Tolong Petani Singkong yang Menderita

Keberanian Serda Amin Rohmana patut diacungi jempol. Akibat kesigapan dan nyali besarnya, Serda Amin Rohmana berhasil membantu kepolisian membekuk lima orang penjahat komplotan pencurian kendaraan bermotor (Curanmor)di dua kawasan berbeda di daerah Subang, Jawa Barat.

Kependam III/Siliwangi Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto mengatakan, penangkapan terhadap komplotan Curanmor itu berawal dari laporan warga kepada Serda Amin Rohmana pada hari Jum'at, 1 Juli 2022 lalu.  

Penjahat Perang, Netanyahu Bakal Diringkus Dewan Keamanan Israel

Menurut informasi yang diperoleh Serda Amin, komplotan spesialis pencurian ranmor itu usai beraksi berusaha melarikan diri menggunakan kendaraan roda empat (Xenia) bernopol B 2261 STK. 

Karena nomor polisi berhasil diketahui warga, maka Serda Amin yang dibantu sejumlah warga pun langsung gerak cepat mengejar para pelaku.

Jenderal Zahedi Tewas Dibunuh Israel, Iran Tarik Pasukan dari Suriah

“Serda Amin Rohmana dalam pengejarannya ke arah Bandung dibantu warga masyarakat, tepat di daerah Tanjungwangi mobil yang dikejar tersebut berhenti, karena jalan yang akan dilintasinya sedang dalam perbaikan, begitu melihat mobil berhenti, Serda Amin Rohmana dengan sigap turun dari motor langsung mengambil kunci mobil dan mengeluarkan orang di dalam mobil sebanyak 2 orang,” kata Kapendam III/Siliwangi Kolonel Inf Arie Tri Hedhianto, Senin, 4 Juli 2022.

Usai berhasil membekuk para pencuri dengan tangan kosong, sekitar pukul 01.57 Wib kemudian Serda Amin Rohmana menyuruh salah satu warga masyarakat untuk menghubungi aparat Kepolisian dan tidak lama kemudian datang petugas dari Polsek Cijambe, selanjutnya kedua orang tersebut berikut mobil Xenia diserahkan kepada aparat kepolisian untuk diproses lebih lanjut.

Lalu, lanjut Kapendam Siliwangi, dari hasil pemeriksaan pihak Kepolisian kembali mendapatkan informasi bahwa masih ada 3 (tiga) orang lagi temannya. 

Mendapatkan informasi tersebut, pihak Kepolisian bersama Serda Amin Rohmana pun langsung melakukan pengejaran dan menangkap 3 orang di daerah Lampang Kelurahan Parung, langsung dibawa ke Polsek Sagalaherang.

"Jelang Pukul 05.20 WIB sekembalinya dari dari Polsek Sagalaherang, Serda Amin Rohmana melihat orang berkerumun dan bertanya, setelah diperoleh informasi bahwa ada pencuri motor masuk ke daerah Bunihayu, Serda Amin Rohmana bersama tim dari kepolisian melaksanakan pengejaran," ujarnya.

"Sekitar kurang lebih 2 jam Melakukan pencarian, akhirnya berbuah hasil dapat meringkus pelaku di kebun Bunihayu, berikut barang bukti 1 sepeda motor beat dan langsung ditangani Polisi," tambah Kolonel Inf Arie.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya