Mayjen TNI Kunto Kirim 450 Prajurit TNI AD ke Perbatasan Malaysia

VIVA Militer: Prajurit Satgas Pamtas RI-Malaysia Kodam III/Siliwangi
Sumber :
  • Pendam III/Siliwangi

VIVA – Tentara Nasional Indonesia (TNI) hingga saat ini masih terus komitmen dalam menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Salah satu upaya untuk menjaga kedaulatan NKRI itu adalah mengirim prajurit TNI Angkatan Darat penjaga perbatasan ke sejumlah titik perbatasan negara Republik Indonesia yang dianggap rawan dari pelanggaran hukum lintas negara.

Kabar Duka TNI, Kolonel IG Agung Suryawijaya Meninggal Dunia

Seperti halnya yang dilakukan oleh Panglima Kodam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo. Jenderal Bintang Dua TNI Angkatan Darat itu baru saja mengirim 450 prajurit tempur TNI Angkatan Darat untuk menjaga perbatasan RI-Malaysia.

450 personel Satgas Pamtas RI-Malaysia yang berasal dari satuan Batalyon Artileri Medan (Yonarmed) 5/105 Tarik Pancagiri itu berangkat dengan menggunakan Kapal Perang TNI Angkatan Laut, KRI Teluk Hading-538 pada hari Senin, 18 Juli 2022 lalu dari Dermaga Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), Tanjung Priok, Jakarta Utara. 

5 Negara Eropa yang Memiliki Kekuatan Militer Terkuat, Ada yang Masih Berperang

Upacara pemberangkatan 450 personel Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonarmed 5/105 Tarik/PG tersebut dipimpin langsung oleh Irdam III/Slw Brigjen TNI Firmansyah.

Irdam III/Siliwangi Brigjen TNI Firmansyah ketika membacakan amanat tertulis Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo mengatakan, seluruh anggota Satgas Pamtas Yonarmed-5/105 Tarik/Panca Giri harus bangga karena mendapat kepercayaan negara untuk menjaga kedaulatan NKRI, mengamankan wilayah perbatasan RI-Malaysia. 

Ketika Ratusan Pemotor Mudik Numpang Kapal Perang

Putra dari Wakil Presiden RI ke-6, Jenderal TNI (Purn.) Try Sutrisno itu lebih jauh mengharapkan kepada seluruh prajurit pilihan TNI Angkatan Darat yang mendapatkan tugas mengamankan wilayah perbatasan RI-Malaysia itu dapat menyambut amanah ini dengan penuh percaya dan keyakinan diri, disertai semangat untuk memberikan pengabdian terbaik bagi bangsa dan negara.

VIVA Militer: Keluarga prajurit Kodam III/Slw ikut melepas Satgas Pamtas RI-Mly

Photo :
  • Pendam III/Siliwangi

Selain itu, Pangdam Siliwangi Mayjen TNI Kunto juga menekankan kepada para prajurit tempur TNI Angkatan Darat untuk tetap berpegang teguh pada petuah dan motto “Cadu mundur pantrang mulang mun teu gumilang,” dan “Esa Hilang Dua Terbilang”. Selain itu dapat melaksanakan tugas secara maksimal. Untuk itu perhatikan protap setiap pelaksanaan gerakan pasukan serta optimalkan Pembinaan Satuan (Binsat) dan Pembinaan Mental (Bintal) fungsi komando untuk memelihara moril.

“Pelaksanaan tugas operasi akan dikatakan berhasil apabila kalian berangkat 450 kembali ke Home base 450 lengkap tanpa ada kekurangan apapun. Siliwangi!," kata Irdam Brigjen TNI Firmansyah ketika membacakan amanat Pangdam Siliwangi Mayjen TNI Kunto Arief Wibowo dalam keterangan resmi yang dilansir VIVA Militer, Rabu, 20 Juli 2022.

"Keluargamu akan mengantar sampai pelabuhan, tapi kami akan mengawal kalian selama di Medan Operasi," tambahnya.

Untuk diketahui, prajurit Satgas Pamtas RI-Malaysia Yonarmed 5/105 Tarik/PG itu rencananya akan bertugas di perbatasan sektor wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara. Mereka akan berada di wilayah perbatasan selama kurang lebih 12 bulan. Selama bertugas di sana mereka dibekali peralatan hasil inovasi Prajurit Kodam III/Siliwangi, yaitu Pompa Hidram 20 buah, Penjernih air 15 buah, Penguat sinyal 15 set, serta 1 unit mobil inovasi Pangdam III/Siliwangi.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya