TNI AU Siap Dukung Latihan Super Garuda Shield 2022

VIVA Militer: Pesawat militer TNI AU lakukan uji coba pendaratan di Bandara Dabo
Sumber :
  • Dispenau

VIVA – Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam waktu dekat ini akan menggelar latihan besar-besaran bersama sejumlah negara sahabat di kawasan Indo-Pasific. 

Jokowi dan Iriana Bertolak ke Sumbar, Tinjau Lokasi dan Korban Banjir Bandang

Latihan besar-besaran itu bertajuk Latihan Bersama Super Garuda Shield 2022 yang akan digelar di sejumlah titik dan melibatkan TNI tiga matra, TNI Angkatan Darat, TNI Angkatan Laut, dan TNI Angkatan Udara

Sejumlah negara sahabat yang dipastikan akan terlibat dalam Latma Garuda Shield 2022 itu adalah Militer atau Angkatan Bersenjata Amerika Serikat (AS), Angkatan Bersenjata Singapura, dan Angkatan Bersenjata Australia.

Investigasi Menyeluruh! Militer Iran Cari Penyebab Kecelakaan Helikopter Presiden Raisi

Ribuan tentara dari berbagai matra dan negara akan ikut serta dalam latihan militer besar-besaran yang akan digelar di wilayah Republik Indonesia tersebut.

TNI Angkatan Udara sebagai salah satu kekuatan TNI yang akan terlibat dalam latihan tersebut telah bersiap-siap untuk menyambut latihan militer pertama kali dalam sejarah Indonesia yang melibatkan tiga matra TNI itu.

Penampakan Rudal 'Panggul' Chiron Kopasgat TNI AU Jaga Langit Bali saat WWF

Salah satu persiapan yang dilakukan oleh TNI Angkatan Udara untuk mensukseskan Latma Super Garuda Shield 2022 itu adalah memastikan landasan pacu atau run way Bandara Dabo yang berada di Kepulauan Riau siap digunakan untuk pesawat-pesawat militer yang akan masuk ke wilayah Kepulauan Riau tersebut.

VIVA Militer: Pesawat militer TNI AU lakukan uji coba pendaratan di Bandara Dabo

Photo :
  • Dispenau

Pada hari Senin, 25 Juli 2022 lalu, Komandan Skadron Udara 2 Lanud Halim Perdanakusuma Mayor Pnb Armin Yusuf bersama Mayor Pnb Ari Wicaksono melaksanakan test landing pesawat TNI AU CN-295 di Bandara Dabo, Kabupaten Lingga. 

"Secara teknis, runway Bandara Dabo Kabupaten Lingga sudah bisa digunakan secara terbatas untuk latihan militer dan penerbangan lainnya. Semoga nanti dapat mendukung kegiatan tugas-tugas operasional di Lanud RHF," kata Danlanud Halim Perdanakusuma Mayor Pnb Armin Yusuf dalam keterangan resminya yang dilansir VIVA Militer, Kamis, 28 Juli 2022.

Sementara itu, Komandan Pangkalan Udara (Danlanud) Raja Haji Fisabilillah (RHF) Kolonel Pnb A. Donie P. yang meninjau secara langsung uji coba landasan Bandara Dabo mengatakan, Bandara Dabo nantinya akan digunakan untuk pendaratan pesawat militer dalam rangka Latma Super Garuda Shield 2022 mendatang. 

Selain itu, lanjut Danlanud RHF, Panglima TNI Jenderal Andika Perkasa dijadwalkan akan datang ke Pulau Dabo untuk meninjau secara langsung latihan bersama Super Garuda Shield 2022 yang akan dilakukan di Pulau Dabo Singkep, Kepri.

Untuk diketahui, sebagaimana diberitakan VIVA Militer sebelumnya, Pulau Dabo Singkep menjadi salah satu titik lokasi dilakukannya latihan bersama Super Garuda Shield 2022. 

Rencananya, di Pulau Dabo Singkep akan dilaksanakan latihan operasi pendaratan amfibi yang akan dilakukan oleh TNI Angkatan Laut, Angkatan Laut Amerika Serikat, Angkatan Laut Singapura, dan Angkatan Laut Australia di Pulau Todak, Dabo Singkep, Kepri, awal Agustus mendatang.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya