Moment KSAU Fadjar Prasetyo Naik Pesawat Intai Poseidon P-8 Milik AS

VIVA Militer: Kasau Marsekal TNI Fadjar naik pesawat intai P-8 Poseidon milik AS
Sumber :
  • Dispenau

VIVA – Latihan militer gabungan Super Garuda Shield 2022 menjadi ajang tukar pengalaman untuk saling mengenal alutsista yang dimiliki negara-negara yang ikut terlibat dalam latihan militer terbesar yang diikuti 14 negara di kawasan Indo-Pasific. 

Sepak Terjang Netzah Yehuda, Batalion Tempur Israel yang 'Digebuk' AS

Tak terkecuali bagi Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Fadjar Prasetyo. Jenderal bintang empat TNI Angkatan Udara itu memanfaatkan moment Latma Super Garuda Shield 2022 untuk melihat salah satu pesawat andalan Amerika Serikat, yaitu pesawat intai P-8 Poseidon milik United State Indo-Pacom yang saat ini ikut serta dalam latihan militer Super Garuda Shield 2022 di Indonesia.

Dilansir VIVA Militer dari keterangan resmi Dispenau, Jum'at, 5 Agustus 2022, Orang nomor satu di Matra Angkatan Udara itu berkesempatan naik dan meninjau secara langsung pesawat patroli maritim yang dilengkapi dengan teknologi canggih tersebut di Pangkalan Udara (Lanud) Kepulauan Riau.

Samson, Pemberontak OPM yang Serang Markas Koramil di Papua Tobat dan Serahkan Diri ke Prajurit TNI

Kasau berkesempatan melihat secara langsung kabin pesawat yang dilengkapi tujuh konsol operator dan peralatan canggih yang ada di Pesawat P-8 Poseidon.

VIVA Militer: Kasau Marsekal TNI Fadjar tinjau pesawat P-8 Poseidon milik AS

Photo :
  • Dispenau
Uji Kesiapan Operasi, Prajurit Puspenerbal TNI AL Gelar Latihan Terbang Malam

Tidak hanya itu, Marsekal TNI Fadjar pun sempat berbincang-bincang dengan awak Pesawat Intai P-8 Poseidon untuk mencari tahu fungsi ataupun kecanggihan pesawat yang kini menjadi salah satu pesawat yang ditakuti di kawasan tersebut.

Untuk diketahui, berdasarkan Naval Technology, Poseidon merupakan pesawat patroli maritim multi-misi yang unggul dalam perang anti-kapal selam, misi intelijen, pengintaian, serta pencarian dan penyelamatan. 

Poseidon dapat terbang di ketinggian lebih dari 41.000 kaki dengan kecepatan hingga 490 knot. Poseidon juga dirancang untuk misi ketinggian rendah dan terbukti dalam mendukung misi kemanusiaan serta pencarian dan penyelamatan.

Dan dalam Latma Super Garuda Shield 2022 yang digelar di Indonesia tahun ini, pesawat Poseidon adalah salah satu Alutsista Angkatan Laut Amerika Serikat Indo-Pacom yang ikut terlibat dalam rangkaian latihan militer bersama jajaran pesawat tempur TNI Angkatan Udara.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya